Rabu, 24/04/2024 15:47 WIB

AS Kirim 2,5 Juta Tambahan Dosis Vaksin COVID-19 ke Bangladesh

Negara miskin berpenduduk sekitar 170 juta orang, yang bertetangga dengan India, telah berjuang untuk mengendalikan pandemi, memberlakukan beberapa penguncian terlama di dunia.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin COVID-19 lagi ke Bangladesh yang terkena dampak parah. Pengiriman itu tak lama setelah setelah pemerintahan Joe Biden mengumumkan akan meningkatan sumbangan vaksin global.

Pejabat Gedung Putih kepada AFP pada Kamis (23/9) mengatakan, pengiriman terbaru sebanyak 2.508.480 dosis Pfizer membawa total tembakan AS ke negara itu di atas sembilan juta.

Pejabat itu mengatakan, pengemasan sedang berlangsung dan pengiriman pertama, dilakukan melalui program Covax Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tiba Senin.

"Kami bangga dapat memberikan vaksin yang aman dan efektif ini kepada rakyat Bangladesh," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa tidak ada ikatan dengan donasi tersebut.

"Kami membagikan dosis ini bukan untuk mengamankan bantuan atau mengekstraksi konsesi," kata pejabat itu.

Menurut database AFP, hanya 9,3 persen dari populasi Bangladesh yang telah divaksinasi penuh pada minggu ini.

Negara miskin berpenduduk sekitar 170 juta orang, yang bertetangga dengan India, telah berjuang untuk mengendalikan pandemi, memberlakukan beberapa penguncian terlama di dunia.

Anak-anak baru kembali ke sekolah dua minggu lalu setelah berada di luar kelas selama 18 bulan - sebuah contoh kesenjangan pendidikan yang baru-baru ini diperingatkan oleh badan anak-anak PBB, UNICEF, memperburuk ketidakadilan bagi jutaan anak di seluruh Asia Selatan.

Seperti negara-negara kaya lainnya, AS telah dituduh menimbun vaksin dan memprioritaskan suntikan penguat daripada membantu petak-petak dunia yang sebagian besar tetap tidak divaksinasi.

Pada Rabu (22/9), AS mengesahkan dosis ketiga vaksin Pfizer untuk lansia dan populasi berisiko.

Namun, Presiden Joe Biden telah menyatakan As sebagai "persenjataan" vaksin dunia dalam perang melawan COVID-19 dan total sumbangan AS lebih banyak daripada gabungan dari seluruh dunia.

Biden mengatakan kepada KTT para pemimpin dunia COVID-19 pada Rabu (22/9) AS menyumbangkan 500 juta dosis vaksin ekstra "bersejarah", sehingga total komitmen AS di seluruh dunia menjadi 1,1 miliar.

Tahap baru setengah miliar vaksin akan berasal dari Pfizer dan akan disalurkan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti yang didefinisikan oleh Gavi, yang memimpin Covax bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia.

Biden juga menantang para pemimpin dunia untuk memvaksinasi 70 persen setiap negara pada September 2022, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan kepada wartawan bahwa Washington "membuktikan bahwa Anda dapat mengurus diri sendiri, sambil membantu orang lain juga."

Para pejabat AS juga menyangkal bahwa mereka bersaing dalam diplomasi vaksin dengan China dan Rusia yang otoriter, yang telah menggunakan vaksin yang diproduksi secara nasional untuk mengisi kekosongan pasokan di daerah-daerah yang kurang berkembang selama pandemi.

Sementara gelombang virus corona global terbaru memuncak pada akhir Agustus, virus terus menyebar dengan cepat, terutama di Amerika Serikat, yang secara resmi merupakan negara yang paling parah dilanda.

Sekitar 4,7 juta orang di seluruh dunia telah meninggal sejak wabah dimulai di China pada Desember 2019, menurut penghitungan AFP dari sumber resmi. (AFP)

KEYWORD :

Amerika Serikat Vaksin COVID-19 Bangladesh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :