Selasa, 23/04/2024 22:23 WIB

Komisi III DPR Minta Polantas Terapkan Tilang Elektronik di Seluruh Daerah

Andi Rio menilai penerapan

Anggota Komisi III DPR, Andi Rio Idris Padjalangi. (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan berharap Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polri mau berkembang untuk mengikuti kemajuan teknologi.

Anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Pandjalangi mengatakan, hal ini diperlukan lantaran perkembangan teknologi sangat cepat dan bisa berpengaruh kepada kinerja dari Polantas apabila tak bisa mengikutinya.

"Perubahan perkembangan teknologi saat ini begitu cepat dan petugas Polantas harus cepat menyesuaikan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya," kata Andi Rio dalam keterangan resminya, Rabu (22/9).

Dia berharap, ke depan Polantas sudah dapat menerapkan tilang elektronik atau "e-tilang" di seluruh daerah tanpa terkecuali.

Menurut dia, hal tersebut sesuai harapan Kapolri Jenderal listyo Sigit Prabowo saat memaparkan visi dan misi Kapolri di hadapan Komisi III DPR RI beberapa waktu  lalu.

Dia menjelaskan penerapan tilang elektronik merupakan salah satu langkah membantu program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara maju.

"Saat ini beberapa negara maju sudah banyak mengaplikasikan penerapan tilang elektronik dalam penegakan pelanggaran lalu lintas kepada masyarakat," ujarnya.

Andi Rio menilai penerapan "e-tilang" merupakan salah satu upaya menghindari adanya kesewenangan anggota Polantas di lapangan.

Selain itu, penerapan tilang elektronik juga untuk menghindari terjadinya gesekan antara masyarakat dan aparat yang bertugas di lapangan.

"Seperti yang terjadi beberapa hari lalu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tentunya hal itu jangan sampai terulang kembali di kemudian hari," katanya.

Selain itu, Andi Rio mengucapkan Dirgahayu Ke-66 Polantas dan berharap Polantas dapat terus meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas menjadi polisi lalu lintas yang presisi, tangguh, dan tumbuh di era kenormalan baru.

Dia berharap Polantas Polri terus memberikan kontribusi demi tegaknya aturan hukum dalam berlalu lintas dan terus mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis kepada masyarakat dalam melakukan tindakan penegakan hukum.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi Polantas Tilang Elektronik Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :