Sabtu, 20/04/2024 15:23 WIB

Dukung Industri Halal, SUCOFINDO MoU. Dengan UIN Jambi

Penandatanganan ini merupakan suatu komitmen dari kedua belah pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan industri halal di Indonesia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dan Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su`aidi yang berlangsung di Gedung Graha SUCOFINDO, Jakarta Selatan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi guna mendukung kemajuan dan penguatan industri halal di Indonesia. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dan Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su’aidi yang berlangsung di Gedung Graha SUCOFINDO, Jakarta Selatan.

Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyampaikan bahwa pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan wujud komitmen SUCOFINDO untuk terus mendukung perkembangan industri halal di Indonesia.

“Penandatanganan ini merupakan suatu komitmen dari kedua belah pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memajukan industri halal di Indonesia, bahwa pelaksanaan sertifikasi halal perlu didukung oleh berbagai stakeholder untuk membentuk sebuah sistem nilai sehingga di dalamnya perlu adanya kolaborasi dari SUCOFINDO selaku Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dengan instansi-instansi lain,” kata Mas Wigrantoro, (20/9/2021).

Mas Wigrantoro mengatakan melalui kolaborasi ini akan meningkatkan awareness mengenai industri halal dan sebagai sarana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta sarana prasarana pendidikan, yang memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Sinergi ini pun merupakan langkah strategis untuk optimalisasi dukungan SUCOFINDO terhadap Perguruan Tinggi terkait dengan industri halal di Indonesia dan dalam melaksanakan amanah ini SUCOFINDO didukung dan dilengkapi laboratorium serta peralatan uji halal yang mumpuni dan laboratorium sentral kami berlokasi di Laboratorium Cibitung,” jelas Mas Wigrantoro.

Mas Wigrantoro memaparkan bahwa pelayanan halal merupakan jaringan karena wilayah yang dilayani oleh SUCOFINDO menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, “Kami berharap kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ini menjadi rintisan dari jaringan layanan jaminan produk halal, jika kita membuat jaringan halal dengan melibatkan berbagai stakeholder maka percepatan program pemerintah terkait dengan produk halal dapat tercapai.” 

Selanjutnya, Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su’aidi menyampaikan bahwa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memiliki partnership kerjasama internasional dengan berbagai universitas di luar negeri.

“Kami memiliki pusat kajian dan sampai saat ini total keseluruhan pusat kajian yang kami miliki terdapat 16 pusat kajian, di antaranya pusat layanan internasional, pusat pengembangan kurikulum, pusat kajian lingkungan, budaya, peradaban, pusat kajian science dan teknologi, pusat kajian rekayasa-rekayasa masa depan dan pusat kajian   Halal.”

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Su’aidi menyebutkan bahwa kerjasama dengan SUCOFINDO ini dilaksanakan karena impian dari UIN Jambi adalah dapat mencetak ulama yang scientist, scientist yang memiliki sifat keulamaan.

“Kami sedang menyusun kurikulum ahli science, ahli lingkungan hidup yang bisa merujuk pada kaidah-kaidah fiqih, merujuk pada tafsir-tafsir ayat dan bagaimana tafsir ayat tersebut diimplementasikan sehingga aspek keagamaan tersebut melekat pada diri orang yang science, ahli lingkungan hidup.” 

Lebih lanjut Su’aidi juga menjelaskan bahwa peran UIN Jambi saat ini adalah berupaya untuk terlibat dalam membantu pemerintah pada konteks kehalalan produk. “Kedepannya UIN Jambi, sedang berupaya untuk meningkatkan keikutsertaannya dalam menciptakan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya saat ini dan kami sangat senang dan berterima kasih dengan terjalinnya kerjasama bersama SUCOFINDO ini,” tutup Su’aidi. 

KEYWORD :

SUCOFINDO Nota Kesepahaman Industri Halal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :