Jum'at, 19/04/2024 21:53 WIB

Siapa Saja Calon Hakim Agung? Berikut Penjelasan Komisi III DPR

Calon (CHA: red) buat makalah selama semingguan, untuk nama-namanya rencana besok pagi diumumkan.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR rencananya akan mengagendakan Uji Kelayakan dan Kepatutan terhadap Calon Hakim Agung (CHA) pekan depan.

Menurut anggota Komisi III DPR RI, Habiburokhman, sejauh ini baru mengagendakan pembuatan makalah dari para calon hakim agung. Adapun Komisi III DPR RI, menurut dia, akan mengumumkan para calon hakim agung, besok (Jumat, 17/9).

"Calon (CHA: red) buat makalah selama semingguan, untuk nama-namanya rencana besok pagi diumumkan," jelas Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/9).

Hingga kini, belum diketahui nama-nama CHA yang disampaikan Komisi Yudisial (KY) ke DPR RI. Namun dari informasi yang berkembang dikalangan media, ada 11 CHA yang dikirim KY ke DPR.

KY sebagaimana disampaikan juru bicara  baru-baru ini menyatakan, sebelum dikirim ke DPR, KY telah menggelar seleksi wawancara kepada 24 CHA pada 3-7 Agustus 2021. Dari ke-24 CHA tersebut, ada 11 nama dari 13 CHA sesuai permintaan Mahkamah Agung (MA)

KY menyerahkan sepenuhnya kepada DPR terkait 11 CHA yang telah dikirim untuk mengumumkannya ke publik. Dengan begitu, publik bisa memantau dan mengawasi seluruh calon yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

"Kami sebetulnya, kalau berdasarkan Undang-Undang yang dirubah berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, disini (Komisi III) kewenangannya adalah hanya menyetujui atau menolak (CHA: red)," terang Habiburokhman yang politisi Gerindra ini.

Dari informasi yang beredar di kalangan media, ke-11 CHA sebagaimana tertuang dalam surat KY Nomor 1575/PIM/RH.01.07/08/2021 adalah Aviantara, Dwiarso Budi Santiarto, Jupriyadi, Subiharta, Suharto, Suradi, Yohanes Priyana, Ennid Hasanuddin, Prim Haryadi, Haswandi dan Brigjen TNI Tama Ulinta Br Tarigan.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi III DPR Gerindra Habiburokhman Calon Hakim Agung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :