Jum'at, 26/04/2024 05:32 WIB

Vaksinasi Meningkat, Kasus COVID-19 Harian Victoria Menurun

Dengan sekitar 68 persen orang dewasa di negara bagian itu telah menerima dosis vaksin pertama, kemungkinan akan mencapai 70 persen minggu ini karena pasokan baru diluncurkan, sekitar seminggu lebih cepat dari jadwal.

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021. Ilustrasi (ISHARA S. KODIKARA/AFP)

 

Sydney, Jurnas.com - Negara bagian Victoria melaporkan penurunan harian kedua berturut-turut dalam kasus baru COVID-19 pada Rabu (15/9). Penuruan itu terjadi bersamaan dengan tingkat vaksinasi dosis pertama mendekati level 70 persen.

Pihak berwenang berjanji untuk menggandakan batas perjalanan untuk 5 juta penduduk di Melbourne yang terkunci, ibu kota negara bagian, menjadi 10 km dan mengizinkan satu jam ekstra untuk berolahraga di luar ruangan ketika negara bagian mencapai target inokulasi.

Dengan sekitar 68 persen orang dewasa di negara bagian itu telah menerima dosis vaksin pertama, kemungkinan akan mencapai 70 persen minggu ini karena pasokan baru diluncurkan, sekitar seminggu lebih cepat dari jadwal.

Victoria melaporkan 423 kasus COVID-19 yang didapat secara lokal pada hari Rabu, turun dari 445 pada hari Selasa, dan dua kematian baru.

Australia sedang berjuang untuk memadamkan gelombang infeksi ketiga yang telah melanda dua kota terbesarnya, Sydney dan Melbourne, dan ibu kota Canberra, memaksa hampir setengah dari 25 juta penduduk negara itu melakukan pembatasan ketat di rumah.

Sydney, pusat wabah Delta, mencatat jumlah kasus terendah dalam hampir dua minggu pada Selasa (14/9), meskipun pihak berwenang mengatakan bahwa masih belum jelas apakah infeksi telah mencapai puncaknya.

Sydney dan Melbourne telah mengalihkan fokus mereka ke vaksinasi cepat untuk mulai melonggarkan pembatasan, menjauh dari strategi nol COVID-19 sebelumnya.

Rencana pembukaan kembali nasional empat tahap yang diresmikan pemerintah federal pada Juli mendesak negara bagian dan teritori untuk hidup dengan virus setelah vaksinasi mencakup 70 persen hingga 80 persen dari populasi orang dewasa.

Sekitar 43 persen orang dewasa telah divaksinasi lengkap secara nasional.

Terlepas dari wabah Delta baru-baru ini, jumlah virus corona Australia relatif rendah, dengan sekitar 77.000 kasus dan 1.104 kematian. (Reuters)

KEYWORD :

Kasus COVID-19 Varian Delta Victoria




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :