Jum'at, 19/04/2024 09:51 WIB

Jangan Panik, Masih Ada Stok 41 Juta Dosis Vaksin

Dalam kaitannya dengan vaksinasi, data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada 41 juta dosis vaksin yang saat ini ada pada stok Provinsi dan Kabupaten atau Kota yang belum disuntikkan

Seorang karyawan menangani botol berisi CoronaVac, vaksin Sinovac Biotech terhadap penyakit coronavirus (COVID-19), di pusat biomedis Butantan di Sao Paulo, Brasil 12 Januari 2021. (Amanda Perobelli/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia ternyata masih punya stok sebanyak 41 juta dosis vaksin yang belum disuntikan.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan stok vaksin itu tersebar di beberapa provinsi dan kabupaten.

“Dalam kaitannya dengan vaksinasi, data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada 41 juta dosis vaksin yang saat ini ada pada stok Provinsi dan Kabupaten atau Kota yang belum disuntikkan,” kata Menteri Luhut, Selasa (14/9/2021).

Luhut menyayangkan hal tersebut mengingat animo masyarakat sangat tinggi untuk vaksinasi di masa pandemi.

“Masih banyak juga yang belum disuntikan, atau yang belum dapat vaksin oleh karena itu, sebagai salah satu proses transisi untuk hidup bersama covid-19, telah diputuskan untuk memasukkan indikator cakupan vaksinasi,” tambahnya.

Luhut menyampaikan cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 50% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 40%, sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 3 ke level 2.

“Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 70% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60% sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 2 ke level 1.Untuk kota-kota yang saat ini berada pada level 2, akan diberikan waktu selama 2 minggu untuk dapat mengejar target,” terangnya.

KEYWORD :

Vaksin Menteri Luhut Stok Vaksinasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :