Jum'at, 26/04/2024 00:10 WIB

Para Wanita Afghanistan Berkumpul untuk Mendukung Taliban

Sekitar 300 wanita, menutupi kepala sampai ujung kaki sesuai dengan kebijakan pakaian baru yang ketat untuk pendidikan - mengibarkan bendera Taliban saat pembicara mencerca Barat dan menyatakan dukungan untuk kebijakan Islamis.

Seorang anggota pasukan Taliban duduk di atas kendaraan lapis baja di luar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, pada 16 Agustus 2021. (Foto: Reuters/Stringer)

Kabul, Jurnas.com - Wanita Afghanistan yang mengenakan cadar yang menutupi seluruh wajah duduk dalam barisan di ruang kuliah universitas Kabul pada Sabtu (11/9), menjanjikan komitmen terhadap kebijakan garis keras Taliban tentang segregasi gender.

Sekitar 300 wanita, menutupi kepala sampai ujung kaki sesuai dengan kebijakan pakaian baru yang ketat untuk pendidikan - mengibarkan bendera Taliban saat pembicara mencerca Barat dan menyatakan dukungan untuk kebijakan Islamis.

Beberapa mengenakan burqa biru, yang hanya memiliki jendela jala kecil untuk dilihat, tetapi sebagian besar mengenakan niqab hitam menutupi sebagian besar wajah selain mata. Banyak juga yang memakai sarung tangan hitam.

Hak-hak perempuan di Afghanistan sangat dibatasi di bawah pemerintahan Taliban 1996-2001, tetapi sejak kembali berkuasa bulan lalu mereka mengklaim akan menerapkan aturan yang tidak terlalu ekstrem.

Kali ini, perempuan akan diizinkan untuk kuliah selama kelas dipisahkan berdasarkan jenis kelamin atau setidaknya dipisahkan oleh tirai, kata otoritas pendidikan Taliban.

Mereka juga harus mengenakan jubah abaya dan niqab.

Para wanita, yang menurut penyelenggara adalah mahasiswa, mendengarkan serangkaian pidato di Universitas Pendidikan Shaheed Rabbani di ibu kota, Kabul.

Bendera besar Taliban mengapit podium, saat pembicara wanita mengkritik wanita yang telah memprotes di Afghanistan dalam beberapa hari terakhir.

Mereka juga membela pemerintah baru Imarah Islam Afghanistan, yang telah melarang demonstrasi kecuali izin diberikan oleh kementerian kehakiman.

Daud Haqqani, direktur hubungan luar negeri di kementerian pendidikan, mengatakan protes itu diselenggarakan oleh para wanita, yang telah meminta dan diberi izin untuk berdemonstrasi.

"Kami menentang para perempuan yang berunjuk rasa di jalanan, mengklaim mereka adalah wakil perempuan," kata pembicara pertama dengan penutup kepala hingga ujung kaki.

"Apakah kebebasan menyukai pemerintahan yang lalu? Tidak, itu bukan kebebasan. Pemerintahan yang lalu menyalahgunakan perempuan. Mereka merekrut perempuan hanya karena kecantikannya," klaimnya.

Beberapa penonton menggendong bayi, yang kadang-kadang menangis selama pidato, sementara yang lain adalah gadis-gadis muda yang jelas terlalu muda untuk masuk universitas.

Seorang mahasiswa bernama Shabana Omari mengatakan kepada orang banyak bahwa dia setuju dengan kebijakan Taliban bahwa perempuan harus menutupi kepala mereka.

"Mereka yang tidak mengenakan jilbab merugikan kita semua," katanya, merujuk pada jilbab yang dikenakan oleh banyak wanita Muslim. "Hijab bukanlah hal individu."

Omari menutup pidatonya dengan memimpin paduan suara "Allahu Akbar", atau "Tuhan Maha Besar".

Pembicara lain, Somaiya, mengatakan sejarah telah berubah sejak Taliban kembali.

"Setelah ini kita tidak akan melihat `bihijabi` (orang yang tidak memakai jilbab)," katanya. "Perempuan akan aman setelah ini. Kami mendukung pemerintah kami dengan segenap kekuatan kami."

Setelah pidato di aula pertemuan, para wanita berjalan dalam barisan terorganisir tidak jauh dari jalan di luar, memegang spanduk tercetak dan diapit oleh tentara Taliban yang membawa senapan dan senapan mesin.

Demonstrasi publik sangat kontras dengan pemandangan di Kabul dan di tempat lain awal pekan ini, ketika pejuang Taliban melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan sejumlah protes menentang kekuasaan mereka, menembak dua orang hingga tewas.

"Perempuan yang meninggalkan Afghanistan tidak dapat mewakili kami," salah satu spanduk pro-Taliban berbunyi pada hari Sabtu. "Kami puas dengan sikap dan perilaku Mujahidin (Taliban)" baca yang lain.

Taliban mengatakan mereka ingin menjauhkan diri dari kebijakan lama yang lebih keras, ketika separuh populasi dikeluarkan dari pekerjaan dan pendidikan.

Di bawah aturan baru, perempuan dapat bekerja "sesuai dengan prinsip-prinsip Islam", yang telah ditetapkan oleh Taliban, tetapi hanya sedikit rincian yang diberikan tentang apa artinya sebenarnya.

KEYWORD :

Wanita Afghanistan Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :