Sabtu, 20/04/2024 05:32 WIB

Optimalkan Pengawasan, Bea Cukai Bersinergi Dengan Forkopimda

Di Provinsi Riau, Bea Cukai melaksanakan koordinasi dengan instansi Pemerintah Daerah antara lain Polda, Kejaksaan Tinggi, dan Kanwil Perbendaharaan.

Bea Cukai bekerja sama dengan Polda. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam menjalankan pengawasan serta pelayanan yang optimal kepada stakeholders, Bea Cukai senantiasa menjalin sinergi dengan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dan instansi pemerintahan lainnya.

Di Provinsi Riau, Bea Cukai melaksanakan koordinasi dengan instansi Pemerintah Daerah antara lain Polda, Kejaksaan Tinggi, dan Kanwil Perbendaharaan.

“Koordinasi yang dilaksanakan oleh Kanwil Bea Cukai Riau bertujuan untuk menekan potensi penyelundupan rokok ilegal. Selain itu, juga untuk bersinergi menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional, tentunya dengan menjalankan rencana strategis apa saja yang dapat dilakukan ke depannya,” ungkap Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, (8/9).

Firman juga menjelaskan bahwa Bea Cukai Yogyakarta ikut menjalankan sinergi bersama BNN Provinsi sebagai upaya memberantas penyelundupan narkotika di wilayahnya. Pada kesempatan ini dibahas pula mengenai koordinasi pengawasan dengan membentuk tim interdiksi terpadu di provinsi DIY.

Bea Cukai Tanjung Perak dan Pasuruan juga menjalankan sinergi dengan instansi Pemerintah Daerah setempat. Seperti menjalin sinergi dengan Kejaksaan Negeri stempat untuk berkoordinasi terkait langkah strategi untuk menegakkan peraturan Kepabeanan dan Cukai. Serta berkoordinasi terkait legal assistance dalam pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau ke depannya,” papar Firman.

Firman juga menambahkan bahwa sinergi antar instansi dijalin pula oleh Bea Cukai Merauke dengan Brimob Merauke, untuk mengoptimalkan pengawasan atas keamanan dari penyelundupan barang ilegal yang dapat membahayakan masyarakat di Papua Selatan.

“Semoga dengan sinergi yang terjalin dengan instansi lainnya di berbagai daerah ini, akan meningkatkan kinerja Bea Cukai dalam melayani dan mengawasi,” pungkas Firman.

KEYWORD :

Bea Cukai Forkopimda Tubagus Firman Hermansjah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :