Selasa, 23/04/2024 13:36 WIB

Teriakkan Syahadat, Pelaku Teror Paris Mengaku Tentara ISIS

Salah Abdeslam (31), muncul di pengadilan dengan mengenakan pakaian hitam dan masker wajah hitam pada Rabu (8/9).

Polisi Prancis mengamankan jalannya sidang pelaku teror (Foto: Reuters)

Paris, Jurnas.com - Tersangka utama dalam serangan teror di seluruh Paris pada 2015 lalu, mengaku sebagai salah seorang tentara kelompok ISIS. Aksinya menewaskan 130 orang.

Salah Abdeslam (31), muncul di pengadilan dengan mengenakan pakaian hitam dan masker wajah hitam pada Rabu (8/9).

Dia merupakan satu dari 20 pria yang dituduh terlibat dalam serangan bersenjata dan bom di enam restoran dan bar, gedung konser Bataclan, dan stadion olahraga pada 13 November 2015 silam.

Ditanya apa profesinya, pria Prancis-Maroko itu melepas masker wajahnya lalu mengatakan kepada pengadilan Paris dengan menantang, "Saya melepaskan pekerjaan saya untuk menjadi tentara Negara Islam."

Dikutip dari Reuters, Abdeslam diyakini sebagai satu-satunya anggota kelompok yang masih hidup yang melakukan serangan. Para tersangka lainnya dituduh membantu menyediakan senjata dan mobil atau memainkan peran dalam mengorganisir serangan, di mana ratusan juga terluka.

Tanggung jawab atas serangan itu diklaim oleh ISIS, yang menyerukan pengikutnya untuk menyerang Prancis atas keterlibatannya dalam perang melawan kelompok militan di Irak dan Suriah.

Ketika diminta oleh hakim tinggi pengadilan untuk menyebutkan namanya, Abdeslam melafalkan Syahadat, "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Utusan Allah."

KEYWORD :

Teroris Paris Prancis Serangan Teror Tentara ISIS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :