Jum'at, 19/04/2024 04:05 WIB

Singapura Sumbangkan Lebih dari 100 Ribu Dosis Vaksin Pfizer ke Johar

Menurut Komite Khusus Malaysia untuk Pasokan Vaksin COVID-19, 53,5 persen populasi orang dewasa Johor telah divaksinasi penuh pada hari Minggu, sementara 84,3 persen populasi orang dewasanya telah menerima setidaknya satu dosis.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Johar Baru, Jurnas.com - Pemerintah Singapura akan menyumbangkan lebih dari 100.000 dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech ke negara bagian Johor. Demikian kata Menteri Hasni Mohammad, Senin (6/8).

"Sebagai tanda hubungan erat antara negara bagian Johor dan Singapura, Pemerintah Singapura menyumbangkan 20.000 dosis vaksin Sinovac pada 29 Juli 2021," ujarnya, dikutip dari Channel News Asia, Senin (6/9).

"Dalam jangka pendek, Pemerintah Singapura akan menyumbangkan 100.640 dosis vaksin Pfizer kepada pemerintah negara bagian Johor," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah negara bagian telah menerima 300.000 dosis vaksin SinoPharm yang disumbangkan oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Hasni berterima kasih kepad Hishammuddin Hussein, mantan menteri luar negeri, atas upayanya dalam memperoleh dan memfasilitasi proses penerimaan vaksin. Ia juga mengatakan di majelis negara bagian bahwa vaksin adalah komponen kunci untuk strategi Johor keluar dari pandemi.

Oleh karena itu, pemerintah negara bagian telah menetapkan target untuk memastikan bahwa 100 persen populasi orang dewasanya akan menerima satu dosis vaksin pada 16 September dan kedua dosis pada minggu ketiga Oktober.

Menurut Komite Khusus Malaysia untuk Pasokan Vaksin COVID-19, 53,5 persen populasi orang dewasa Johor telah divaksinasi penuh pada hari Minggu, sementara 84,3 persen populasi orang dewasanya telah menerima setidaknya satu dosis.

Hasni menambahkan, antara 1 Maret dan 5 September, Johor telah menerima lebih dari 4,7 juta dosis vaksin dari program imunisasi nasional, di mana sekitar 2,4 juta dosis adalah Pfizer, sekitar 1,8 juta adalah Sinovac dan sekitar 410.000 dosis adalah AstraZeneca.

Pada 6 Juli, dilaporkan bahwa penguasa Johor Ibrahim Iskandar telah menerima 20.000 dosis vaksin Sinovac.

"Kami sedang bekerja untuk mendapatkan lebih banyak dosis Sinovac dan Pfizer-BioNTech dalam waktu dekat. Kami berharap pemerintah dan menteri dapat membantu kami dan mendistribusikan lebih banyak dosis vaksin kepada masyarakat. Saatnya beraksi. Melayani rakyat," ujarnya.

Bulan lalu, Singapura mengumumkan telah menyumbangkan 100.000 dosis vaksin Moderna ke Brunei, sebagai bagian dari kerja sama bilateral untuk mengatasi pandemi yang sedang berlangsung.

Pekan lalu, juga diumumkan Singapura akan mengirim 500.000 dosis vaksin Pfizer ke Australia sebagai bagian dari perjanjian berbagi dosis. Berdasarkan kesepakatan itu, Australia akan mengirim jumlah vaksin yang sama kembali ke Singapura pada Desember.

Johor adalah salah satu negara bagian yang secara konsisten melaporkan peningkatan harian empat digit dalam kasus COVID-19. Jumlah kasus dalam 14 hari terakhir berjumlah sekitar 28.000 di negara bagian selatan.

Malaysia telah mencatat 1,84 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 18.000 kematian sejak awal pandemi.

KEYWORD :

Singapura Vaksin Pfizer Johar Malaysia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :