Jum'at, 19/04/2024 09:40 WIB

Cara UMKM Agar Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian

Melalui inisiatif #DukungUMKMKuliner, Mondelez Indonesia turut mendukung pengembangan UMKM kuliner melalui inspirasi kreativitas kuliner kekinian yang dapat meningkatkan penjualan dan bisnis mereka

Kuliner khas Yogyakarta dengan nuansa nasionalisme.(Foto : Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner turut berdampak di tengah pandemi Covid -19 saat ini. Mereka harus pinta-pintar melihat peluang yang ada.

Memahami kondisi ini, melalui inisiatif #DukungUMKMKuliner, Mondelez Indonesia turut mendukung pengembangan UMKM kuliner melalui inspirasi kreativitas kuliner kekinian yang dapat meningkatkan penjualan dan bisnis mereka. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh Mondelez Indonesia. Sandiaga menyambut baik inisiatif #DukungUMKMKuliner ini untuk menginspirasi para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya secara lebih kreatif, diantaranya melalui pengembangan menu-menu kuliner kekinian.

“Saya yakin pelatihan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini akan dapat menginspirasi para pelaku UMKM Kuliner, termasuk bagaimana secara kreatif memanfaatkan teknologi digital dan digital marketing untuk mempromosikan bisnis mereka,” terang Sandiaga.

Prashant Peres selaku President Director Mondelez Indonesia menjelaskan bahwa kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi kuliner atau camilan, kini terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini didukung oleh hasil survei konsumen Mondelez International The State of Snacking 2020 yang menyebutkan bahwa pandemi telah meningkatkan kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia.

“Dari sisi bisnis, tren tersebut tentu menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk membuka peluang dari media sosial,” tambah Prashant.

Faisal Hasan Basri selaku Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM setuju bahwa UMKM kuliner memiliki kesempatan yang besar untuk terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi camilan. Namun disisi lain UMKM kuliner juga menghadapi tantangan yang cukup rumit.

Sejalan dengan hasil survei, Fatmah Bahalwan selaku Chef dan Penggiat UMKM Kuliner mengamati bahwa kuliner ‘kekinian’ menjadi salah satu yang kini semakin digemari masyarakat. Kuliner kekinian dapat diasosiasikan dengan kuliner baru dan menarik yang populer di sosial media, yang seringkali menambahkan bahan-bahan yang memang sudah populer seperti keju atau cokelat.

Kreatif dalam membangun bisnis diperlukan untuk dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Bukan itu saja, cepat menangkap kesempatan dengan memahami tren pasar agar dapat bertahan dan bangkit di tengah kondisi yang menantang, penting untuk memahami tren dan preferensi pelanggan dalam mengkonsumsi kuliner.

Mondelez Indonesia akan mengadakan sebuah pelatihan untuk para pelaku UMKM kuliner dalam bentuk virtual yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 September 2021 bertajuk “Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian” dengan cara  mendaftarkan diri pada pelatihan ini melalui tautan https://bit.ly/WorkshopUMKMMondelez paling lambat tanggal 4 September 2021.

Selain melalui pelatihan, juga menghadirkan berbagai inspirasi menu kekinian guna mengembangkan kreativitas pelaku UMKM melalui website www.snacks-desserts.id yang dapat diakses dengan mudah setiap saat.

KEYWORD :

UMKM Kreatif Bisnis Kuliner Kekinian Mondelez




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :