AS Dukung Lithuania Lawan Ancaman China

Minggu, 22/08/2021 17:45 WIB

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis, sepakat untuk melakukan tindakan terkoordinasi bilateral, untuk melawan ancaman China.

Sebagaimana diketahui, Lithuania mendapatkan tekanan China menyusul kebijakan Lithuania mengembangkan hubungan dengan Taiwan, yang dianggap masih bagian dari China alih-alih negara yang berdiri sendiri.

China pada 10 Agustus menuntut agar Lithuania menarik duta besarnya di Beijing, dan mengatakan akan memanggil kembali utusan China untuk Vilnius.

Ini dilakukan setelah negara Baltik tersebut mengizinkan Taiwan yang diklaim China untuk membuka kedutaan de facto di sana, menggunakan namanya sendiri.

"Tindakan agresif sepihak China dan tekanan politik di Lithuania sama sekali tidak dapat diterima," demikian sebuah pernyataan hasil panggilan telepon yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Lithuania pada Minggu (22/8) dikutip dari Reuters. Pernyataan itu tidak memberikan rincian tindakan bilateral yang disepakati.

Dalam pernyataan terpisah, Departemen Luar Negeri AS mengatakan Menteri Blinken "menggarisbawahi solidaritas kuat AS dengan sekutu NATO kami dan mitra UE Lithuania dalam menghadapi perilaku pemaksaan Republik Rakyat China".

China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayah kedaulatannya. Amerika Serikat adalah pendukung internasional terkuat Taiwan dan pemasok utama senjata.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya