Naftali Bennett Sebut Lebanon Bertanggung Jawab Atas Serangan Roket ke Israel

Minggu, 08/08/2021 20:21 WIB

Tel Aviv, Jurnas.com - Perdana Menteri IsraelNaftali Bennett menganggap pemerintah Lebanon bertanggung jawab atas tembakan roket yang diluncurkan dari wilayahnya, apakah kelompok militan Hizbullah meluncurkan senjata atau tidak.

Pernyataan Bennett muncul beberapa hari setelah salah satu gejolak terbesar dalam kekerasan antara Israel dan Hizbullah dalam beberapa tahun dan mengindikasikan Israel dapat memperluas tanggapannya jika tembakan roket berlanjut.

"Negara Lebanon dan tentara Lebanon harus bertanggung jawab (atas) apa yang terjadi di halaman belakangnya," kata Bennett kepada Kabinetnya pada Minggu (8/8).

Selama beberapa minggu lalu, militan di Lebanon meluncurkan rentetan roket ke Israel, menarik serangan udara Israel yang jarang terjadi di Lebanon. Pada hari Jumat, Hizbullah menembakkan roket tambahan ke Israel, dan Israel menanggapi dengan tembakan artileri berat.

"Tidaklah penting bagi kami jika itu adalah organisasi Palestina yang menembak, pemberontak independen, negara Israel tidak akan menerima penembakan di tanahnya," kata Bennett.

Dia berbicara sehari setelah Hassan Nasrallah, pemimpin militan Hizbullah, mengatakan dia akan membalas serangan udara Israel di masa depan di Lebanon dan menambahkan akan salah jika menganggap Hizbullah akan dibatasi oleh perpecahan internal di Lebanon atau krisis ekonomi negara yang keras.

"Jangan salah perhitungan dengan mengatakan bahwa Hizbullah sibuk dengan masalah Lebanon," kata Nasrallah, menambahkan bahwa penembakan roket adalah pesan yang jelas.

Israel dan Hizbullah adalah musuh yang berjuang menemui jalan buntu dalam perang selama sebulan pada tahun 2006.

Lebanon sedang mengalami krisis ekonomi dan keuangan terburuk dalam sejarah modernnya, yang digambarkan oleh Bank Dunia sebagai salah satu yang terburuk yang pernah disaksikan dunia sejak pertengahan 1800-an.

Israel memperkirakan Hizbullah memiliki lebih dari 130.000 roket dan rudal yang mampu menyerang di mana saja di negara itu. Dalam beberapa tahun terakhir, Israel juga telah menyatakan keprihatinan bahwa kelompok tersebut mencoba untuk mengimpor atau mengembangkan persenjataan rudal yang dipandu dengan presisi. (Arab News)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya