Lebanon Disebut Bakal Tidak Mampu Tangani Gelombang COVID-19 Berikutnya

Sabtu, 24/07/2021 21:15 WIB

Beirut, Jurnas.com - Krisis ekonomi Lebanon yang semakin dalam telah menambah tekanan pada rumah sakit, membuat mereka tidak memiliki peralatan yang memadai untuk menghadapi gelombang baru COVID-19, seorang direktur rumah sakit terkemuka telah memperingatkan.

Sudah berjuang dengan kekurangan obat-obatan dan eksodus staf di luar negeri, fasilitas kesehatan negara itu sekarang juga harus menghadapi pemadaman listrik hampir sepanjang waktu.

"Semua rumah sakit ... sekarang kurang siap daripada saat gelombang di awal tahun," kata Firass Abiad, manajer rumah sakit umum terbesar di negara yang memerangi COVID-19.

"Staf medis dan perawat telah pergi, obat-obatan yang dulu tersedia telah habis," dan pemutusan aliran listrik yang berkepanjangan telah membuat rumah sakit terus-menerus terancam.

Bahkan Rumah Sakit Universitas Rafik Hariri yang dikelolanya pun berjuang untuk mengatasinya. “Kami hanya mendapat listrik dua sampai tiga jam, dan sisanya ke genset,” kata Abiad.

"Selain khawatir mereka bisa kehabisan tenaga, kita memiliki beban besar karena harus terus-menerus berburu bahan bakar minyak," sambungnya.

Permintaan besar untuk komoditas yang semakin langka telah mendorong harga lebih dari 80 persen sejak 17 Juni.

Bahkan di RHUH bergengsi, beberapa obat-obatan rutin habis. "Beberapa hari ini antibiotik, yang lain anestesi," kata kepala rumah sakit.

Kadang-kadang "kami terpaksa meminta kerabat pasien untuk pergi dan mencoba mencari obat dari rumah sakit atau apotek lain."

Setelah turun selama musim semi, kasus Covid meningkat lagi ketika ekspatriat Lebanon membanjiri rumah untuk musim panas, dan banyak yang berkumpul dengan keluarga dan teman.

Pada Kamis saja, 98 orang dinyatakan positif COVID-19 setibanya di bandara Beirut, kata kementerian kesehatan. "Ini bisa menjadi bencana jika kenaikan jumlah virus corona ini mengarah ke lonjakan seperti yang kita lihat di awal tahun," kata Abiad.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya