Hukum Memberikan Kepala Hewan Kurban kepada Tukang Jagal

Selasa, 20/07/2021 06:34 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ada banyak fenomena unik dalam pelaksanaan ibadah kurban di Tanah Air. Salah satunya, tukang potong hewan kurban atau tukang jagal, biasanya mendapatkan upah kepala kambing atau sapi.

Tidak hanya kepala hewan kurban, di beberapa tempat tukang jagal juga mendapatkan kulit dari hewan kurban yang ia potong. Bolehkah hal demikian ini dilakukan?

Dikutip dari kitab `Fiqih Islam wa Adillatuhu` karya Dr. Wahbah Az-Zuhaili disebutkan bahwa empat imam mazhab sepakat melarang tukang jagal diberi upah kepala atau kulit hewan kurban.

Larangan ini didasari oleh riwayat Ali bin Abi Thalib R.A yang berkata, "Rasulullah SAW memerintahkan saya untuk berdiri di atas tubuh unta (ketika menyembelihnya) sebagaimana memerintahkan membagi-bagikan kulit dan kain yang dialaskan di atas punggung hewan itu. Beliau juga menyuruh saya untuk tidak memberikan bagian apapun dari unta itu kepada orang yang memotong-motongnya."

Alih-alih memberikan upah kepala atau kulit hewan kurban, jumhur ulama menyarankan supaya tukang jagal diberikan upah berupa uang atau barang, sehingga tidak mengurangi jumlah daging kurban.

Berbeda halnya jika pemberian kepala atau kulit hewan kurban bersifat hadiah, maka ini diperbolehkan. Tukang jagal juga boleh menerima kedua bagian tersebut, apabila dia masuk dalam kategori orang miskin. Dan tentu pemberian kepadanya terhitung hadiah bukan upah.

Sementara itu, pemilik kurban dibolehkan memanfaatkan sendiri kulit hewan kurbannya untuk keperluan tertentu di rumah. Untuk poin ini, Imam Hanafi berpendapat bahwa lebih dianjurkan menjual kulit tersebut, lalu membeli barang lain yang bisa diambil manfaatnya. Namun perlu digarisbawahi barang yang ditukar bukan sesuatu yang bersifat konsumtif seperti uang emas, makanan, atau minuman.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya