KPK Terus Usut Keterlibatan Azis Syamsuddin di Kasus Suap Penaganan Perkara

Senin, 12/07/2021 08:04 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mengusut dugaan keterlibatan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam kasus suap penanganan perkara di Tanjungbalai.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ipi Maryati. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan pengembangan penyidikan agar kasus ini bisa terungkap secara terang benderang.

"Tim penyidik masih terus melakukan pengembangan dalam penyidikan perkara tersebut," kata Ipi Maryati kepada wartawan, Senin (12/7).

Saat ini, kata Ipi, KPK masih mengalami kendala dalam mengusut dugaan keterlibatan politikus partai Golkar itu. Sebab, beberapa penyidik yang mengusut dugaan keterlibatan Azis terpapar covid-19.

"Kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dan personel pada kedeputian penindakan yang masih harus menjalani perawatan ataupun isolasi mandiri membuat KPK harus melakukan penyesuaian," ujar Ipi.

Untuk diketahui, Azis Syamsuddin merupakan saksi kunci dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Tanjungbalai. Azis diduga sebagai pihak yang memfasilitasi pertemuan antara mantan penyidik Stepanus Robin dengan Wali Kota Tanjungbalai, Syahrial di rumahnya pada Oktober 2020.

Dari pertemuan itu, Robin menerima uang Rp1,3 miliar dari kesepakatan awal Rp1,5 miliar. Duit itu diberikan agar Robin berhenti mengusut kasus korupsi di Tanjungbalai.

Azis diduga tidak hanya terlibat dalam kasus suap di Tanjungbalai. Dalam putusan sidang etik Robin, nama Azis tercatut dalam penanganan kasus korupsi di Lampung Tengah.

Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyebut Azis memberikan uang Rp3,15 miliar ke Robin. Duit itu diduga diberikan Azis agar Robin menutup penanganan perkara korupsi di Lampung Tengah.

KPK menegaskan akan mendalami dugaan pemberian duit itu. KPK akan segera memanggil Azis untuk melakukan konfirmasi.

"Terkait jumlah uang yang diduga diterima tersangka SRP (Stepanus Robin Pattuju) akan dikembangkan lebih lanjut pada proses penyidikan perkaranya," kata Ali beberapa waktu lalu.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya