Polisi Tangkap Demonstram Pro Demokrasi di Hong Kong

Minggu, 13/06/2021 12:29 WIB

Hong Kong, Jurnas.com - Polisi Hong Kong menangkap setidaknya tiga pengunjuk rasa dalam acara peringatan demonstrasi pro-demokrasi 2019.

Para pengunjuk rasa ditangkap karena perilaku tidak tertib dan gagal menunjukkan bukti identitas, sementara 10 orang lainnya dipanggil karena melanggar larangan berkumpul.

Menurut keterangan aparat keamanan, sejumlah demonstran memblokir jalan dengan menempatkan tempat sampah dan benda-benda lain di dalamnya.

"Polisi sangat mengutuk tindakan pelindung yang membahayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat," kata polisi dalam keterangannya pada Sabtu (12/6) malam. Tiga orang yang ditangkap adalah laki-laki berusia 15 hingga 19 tahun.

Kelompok-kelompok kecil berkumpul pada Sabtu kemarin untuk memperingati bentrokan besar pertama antara pengunjuk rasa dan polisi dua tahun lalu, ketika puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang undang-undang yang akan memungkinkan tersangka kriminal diekstradisi ke China daratan untuk diadili.

Protes yang semakin membesar selama bulan-bulan akhirnya menjadi gerakan massa demokrasi, yang mencakup bentrokan reguler antara pengunjuk rasa dan polisi yang menembakkan gas air mata dan peluru karet.

Polisi mengatakan pada malam peringatan bahwa mereka telah menangkap dua orang, karena dicurigai mempromosikan dan menghasut orang lain untuk bergabung dengan majelis yang melanggar hukum. Kelompok aktivis Student Politicism mengatakan dua pemimpinnya ditangkap.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya