Indonesia Kedatangan Hampir Setengah Juta Vaksin Sinopharm

Jum'at, 30/04/2021 21:35 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia menerima kedatangan perdana 482.400 dosis vaksin Covid-19 asal China, Sinopharm, Jumat, dalam bentuk jadi atau vial.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkapkan, sebanyak 6 juta dosis vaksin Sinovac dari China dalam bentuk bahan baku atau bulk juga telah tiba di Indonesia pada hari ini.

Dengan kedatangan vaksin tahap ke-10 ini, Indonesia telah menerima 65,5 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bulk dan 8,4 juta dosis vaksin dalam bentuk jadi dari Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca melalui skema Covax Facility.

“Vaksinasi nasional adalah salah satu upaya kita dalam mencari atau mencapai kekebalan kelompok, herd immunity,” ungkap Johnny dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Vaksin Sinopharm akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong, sementara vaksin Sinovac untuk program vaksinasi nasional dari pemerintah.

Program vaksinasi gotong royong memungkinkan perusahaan membeli vaksin untuk karyawan dan keluarganya, di luar program vaksinasi pemerintah yang sedang berlangsung.

Meski demikian, pemerintah mewajibkan perusahaan menggratiskan vaksin tersebut untuk karyawan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah menerbitkan izin penggunaan masa darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinopharm, Kamis kemarin.

Dengan begitu, vaksin Sinopharm dapat segera digunakan pada program vaksinasi gotong royong.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, hasil uji klinis fase ketiga di Uni Emirat Arab menunjukkan vaksin ini memiliki efikasi sebesar 78 persen.

Penny mengatakan hanya ada 0,01 persen efek samping lokal ringan yang dilaporkan seperti bengkak, rasa sakit, dan kemerahan, sedangkan kejadian efek samping sistemik seperti sakit kepala, nyeri otot, diare, dan batuk hanya sebesar 0,1 persen.

“Jadi dari aspek keamanan vaksin ini baik kategorinya, dapat ditoleransi dengan baik,” ujar Penny dalam konferensi pers virtual, Jumat.

BPOM mengizinkan penggunaan vaksin Sinopharm pada orang dewasa berusia di atas 18 tahun, dengan pemberian dua dosis dalam durasi 21 hari hingga 28 hari.(AA)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya