Azis Syamsuddin Serukan Team Work dalam Raisina Dialogue 2021 India

Kamis, 15/04/2021 13:14 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin tampil pada forum international Raisina Dialogue 2021 yang diselengarakan di New Delhi, India, secara virtual pada tanggal 13-15 April 2021. 

Pada sesi yang bertajuk “ Pandemic Poser Health and the 4IR”, Azis Syamsuddin menyerukan pentingnya meningkatkan kerjasama multilateralisme yang berasaskan teamwork (kerjasama tim) dalam menanggulangi dampak pandemi global saat ini.

"Semua negara dapat meningkatkan teamwork dalam berbagai konsep multilateralisme, sehingga tidak ada negara yang tertinggal dan penanggulangan dampak pandemi dan dapat kita atasi secara bersama-sama,” jelasnya.

Politisi Golkar ini menekankan, negara-bangsa perlu mempersiapkan mitigasi yang sesuai, keterbukaan dalam data, serta kaloborasi dalam penyediaan vaksin. 

Indonesia, masih kata Azis, selalu terbuka untuk bekerjasama dalam pengelolaan data serta mengajak untuk kaloborasi dalam produksi dan distribusi vaksin. Diharapkan India yang merupakan salah satu produsen vaksin terbesar di dunia, dapat meningkatkan produksi vaksin untuk kebutuhan global. 

"Produksi dan distribusi vaksin merupakan satu kesatuan, dibutuhkan kerjsama ‘teamwork’, dan perasaan ‘brotherhood’ secara global, sehingga tujuan mulia ini dapat tercapai demi kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan kemanusiaan,” jelasnya.

Azis Syamsuddin menjelaskan, pandemi Covid-19 memberi pelajaran yang sangat berharga, dimana untuk kedepan menjadi sangat penting dalam penerapan hukum internasional serta penataan institusi global secara efektif. 

Tantangan dunia kedepan, lanjutnya, adalah terkait mengatur ulang efektifitas institusi global serta penegakan hukum-hukum internasional sehingga ada asas keadilan antar negara dan bangsa.

"Semua negara dapat duduk bersama dalam semangat multilateralisme yang berlandaskan  teamwork dan brotherhood dengan mengedepankan pemikiran kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan” tegasnya.

Sebelumnya, Forum global Raisina Dialogue adalah confrensi tahunan international yang diselengarakan oleh pemerintah India dalam bidang geopolitik, geostrategic dan geoekonomi. 

Forum ini dihadiri oleh para pimpinan poltik dari berbagai negara serta akademisi. Adapun Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin berpanel bersama Carl Bildt (mantan Perdana Menteri Swedia), Simon Duggan (Deputy Secretary bidang Ekonomi dan Industri, yang juga utusan khusus pemerintah Australia untuk G20). 

Kemudian Suresh Prabhu (utusan khusus Perdana Mentri India untuk G20 dan G7), Shamika Ravi (Brookings Institute) serta moderator Amandeep Gill (Direktur, I-DAIR). Acara ini juga dikenal sebagai salah satu ajang paling bergengsi di dunia.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya