Pekan Ini Iran Mulai Batasi Inpeksi Badan Pengawas Nuklir PBB

Senin, 22/02/2021 05:43 WIB

Vienna, Jurnas.com - Pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada Minggu (21/2), solusi sementara tiga bulan telah ditemukan untuk memungkinkan melanjutkan pemantauan badan tersebut di Iran, meskipun tingkat aksesnya akan dibatasi mulai Selasa.

"Apa yang kami sepakati adalah sesuatu yang dapat dijalankan - berguna untuk menjembatani kesenjangan yang kami alami sekarang, ini menyelamatkan situasi sekarang," kata kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi kepada wartawan setelah terbang kembali dari pembicaraan di Teheran.

Parlemen Iran yang didominasi konservatif mengesahkan undang-undang pada Desember yang menuntut negara itu menangguhkan beberapa inspeksi jika Amerika Serikat (AS) gagal mencabut sanksi. Undang-undang tersebut akan mulai berlaku pada Selasa.

"Undang-undang ini ada, undang-undang ini akan diterapkan, yang berarti bahwa Protokol Tambahan, yang sangat saya sesalkan, akan ditangguhkan," kata Grossi, mengacu pada salah satu perjanjian antara Iran dan IAEA di mana inspeksi berlangsung.

"Ada akses yang lebih sedikit, hadapi saja. Tapi kami masih bisa mempertahankan tingkat pekerjaan pemantauan dan verifikasi yang diperlukan," katanya, menggambarkan pengaturan baru sebagai pemahaman teknis sementara.

Grossi tidak memberikan rincian secara tepat kegiatan mana yang tidak lagi dapat dilakukan oleh IAEA, tetapi menegaskan bahwa jumlah pengawas di Iran tidak akan dikurangi dan bahwa inspeksi mendadak dapat dilanjutkan di bawah pengaturan sementara.

Namun, pemahaman baru akan terus ditinjau dan dapat ditangguhkan kapan saja.

Kunjungan Grossi ke Teheran dilakukan di tengah peningkatan upaya antara pemerintahan Presiden AS, Joe Biden, kekuatan Eropa dan Iran untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 yang telah di ambang kehancuran sejak Donald Trump menarik diri darinya.

Grossi menggambarkan kesepakatan pada Minggu sebagai "hasil yang baik ... hasil yang masuk akal setelah konsultasi yang sangat, sangat intensif dengan para pejabat Iran."

Dia berbicara setelah dua hari pertemuan di ibukota Iran di mana dia bertemu Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif dan kepala Organisasi Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi.

Grossi mengatakan harapannya untuk pergi ke Teheran adalah untuk menstabilkan situasi yang sangat tidak stabil.

"Saya pikir pemahaman teknis ini melakukannya sehingga diskusi politik lain di tingkat lain dapat berlangsung, dan yang paling penting kita dapat menghindari situasi di mana kita secara praktis akan terbang buta," tambahnya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya