Jepang Siap Distribusi Vaksin Covid-19 Juni Tahun Depan

Jum'at, 05/06/2020 22:27 WIB

Tokyo, Jurnas.com - Jepang berencana mendistribusikan vaksin Covid-19 pada Juni 2021. Demikian keterangan Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato pada Jumat (5/6).

Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan tuan rumah Olimpiade tahun ini, yang awalnya direncanakan berlangsung pertengahan 2020. Namun pandemi Covid-19 memaksa kompetisi olahraga bergengsi ini mundur setahun.

"Kami akan mengamankan fasilitas produksi secara paralel dengan pengembangan vaksin yang dipercepat," ungkap Kato kepada awak media saat menguraikan rencana untuk membawa vaksin mulai digunakan pada akhir paruh pertama 2021.

Dikutip dari Channel News Asia, pemerintah Jepang telah mengalokasikan US$1,3 miliar untuk produksi dan distribusi vaksin, dalam anggaran tambahan kedua yang disetujui Kabinet Perdana Menteri Shinzo Abe bulan lalu.

Sejumlah perusahaan farmasi Jepang juga ikut mengembangkan vaksin Covid-19, termasuk di antaranya Shionogi dan AnGes.

Diketahui, Amerika Serikat sedang merencanakan uji klinis besar-besaran yang melibatkan 100.000 hingga 150.000 sukarelawan secara total, dengan tujuan memberikan vaksin yang efektif pada akhir tahun ini.

Jepang belum mengalami lonjakan infeksi Covid-19 yang terlihat di beberapa negara lain. Negara ini telah melaporkan sekitar 17.000 kasus yang dikonfirmasi dan 900 kematian yang diketahui sampai saat ini.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya