Hadiri Rakornas IKA UNY, Mendes Halim Ajak Menguatkan Jaringan

Sabtu, 04/01/2020 18:10 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, menghadiri kegiatan Rakornas Ikatan Alumni (IKA) UNY, serta Rapat Dewan Pertimbangan UNY bertempat di Hotel UNY kompeks Kampus UNY, Sabtu (04/01/2020).

Hadir sebagai pembicara, Mentri Halim yang merupakan alumni jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan UNY lulusan tahun 1987 itu mengaku sangat berbahagia bisa kembali bertemu para dosen, senior, sahabat hingga rekan satu anggatan semasa kuliah.

Dalam penyampaian materinya, Mentri Halim yang ditunjuk sebagai Ketua Umum Dewan Pertimbangan UNY itu mengajak para alumni UNY agar dapat membangun koneksi dan menguatkan jaringan. Menurutnya kunci untuk bisa mewujudkan semua hal tersebut adalah komunikasi.

"Saya ingin mengajak bagaimana agar ke depan UNY ini memiliki conection. Karena bagaimanapun self of belonging terhadap almamater itu tidak akan bisa hilang. Kuncinya adalah komunikasi. Berangkat dari situ lah bagaimana ke depan kita sebagai alumni agar bisa menguatkan jaringan. Dimulai jaringan internal," katanya.

Sebagai mentri, Halim mengaku akan berikhtiar agar bisa berkontribusi lebih pada almamaternya UNY. Pasalnya dikatakan, UNY sebagai almamaternya telah banyak memberikan bekal bagi kehidupannya.

"Banyak hal yang telah saya dapat. Mulai dari bekal ilmu, pengalaman, bahkan istri. Karena istri saya juga alumni UNY. Satu angkatan tapi beda fakultas. Sehingga saya akan berusaha memberikan Dharma Bhakti pada almamater.," katanya.

Ketua DPP IKA UNY Prof Suyanto PHd, menyebut Abdul Halim Iskandar, merupakan satu-satunya anggota IKA UNY yang telah berhasil mencapai posisi mentri. Karena itu IKA UNY dengan puluhan ribu anggota yang tersebar di berbagai daerah siap jika diminta untuk membantu pemerintah khususnya Kementerian Desa PTT dalam membangun dan memajukan Indonesia.

"Anggota IKA itu tersebar di wilayah manapun. Karena itu kita siap jika pak menteri memberikan tugas pada anggota IKA untuk membantu. Seluruh anggota IKA akan kita diberdayakan. Karena program kita sejalan dengan program pemerintah pusat," katanya.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd menyebut bahwa setiap alumni ikut memiliki tugas untuk menyelesaikan pembangunan di daerah tertinggal. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara bersinergi satu sama lain. Semua dilakukan demi tugas mulia yakni menjadikan Indonesia lebih maju. Dimana prioritas pembangunan pemerintah saat ini lebih fokus pada pengembangan SDM.

"Kita bisa bersinergi satu sama lain. Karena pendidikan memiliki peran utama dalam pengembangan SDM," ungkapnya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya