Peristiwa Sejarah 21 Oktober

Senin, 21/10/2019 19:40 WIB

Jurnas.com – Tanggal 21 Oktober yang jatuh pada hari ke-294 (hari ke-295 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah diantaranya:

686 - Konon menjadi Paus

1600 - Tokugawa Ieyasu mengalahkan klan-klan saingannya dalam Pertempuran Sekigahara dan memulai Keshogunan Tokugawa.

1805 - Dalam salah satu pertempuran laut terbesar sepanjang sejarah, armada Inggris di bawah Laksamana Horatio Nelson mengalahkan armada gabungan Prancis-Spanyol di Trafalgar di lepas pantai Spanyol.

1879 - Setelah 14 bulan percobaan, Thomas Edison menemukan lampu pijar listrik praktis pertama.

1895 - Republik Taiwan runtuh setelah diinvasi Jepang.

1944 - Serangan kamikaze pertama: HMAS Australia dihantam pesawat Jepang yang membawa bom seberat 200 kg di lepas Pulau Leyte.

1948 - Sekutu Barat memutuskan untuk mencabut kecaman mereka terhadap Rusia sebagai ancaman terhadap perdamaian dengan syarat blokade Berlin dicabut, menerima formula negara kecil sebagai "dasar harapan" untuk menyelesaikan krisis Berlin.

1954 - The Fellowship of the Ring, bagian pertama dari The Lord of the Rings, novel karya JRR Tolkien diluncurkan di AS.

1959 - Perancang roket Wernher von Braun dan timnya dipindahkan dari Angkatan Darat AS ke Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional yang baru dibuat.

1959 - Museum Solomon R. Guggenheim dibuka di New York City. Bangunan, yang dirancang oleh Frank Lloyd Wright, dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur terbaik di abad ke-20.

1966 - Longsoran terak batu bara mengalir menuruni lereng gunung Welsh, mengubur sebuah sekolah di kota Aberfan dan menewaskan 148 orang, sebagian besar siswa muda.

1969 - Sebuah kudeta di Somalia mendudukkan Siad Barre di tampuk kekuasaan.

1983 - Meter didefinisikan sebagai jarah yang ditempuh cahaya pada ruang hampa udara dalam waktu 1/299.792.458 detik. Ini ditetapkan pada pertemuan ke-17 Conférence Générale des Poids et Mesures.

1986 - Kepulauan Marshall memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat.

1991 - Profesor Universitas Beirut Jesse Turner, seorang sandera sejak Januari 1987, dibebaskan oleh para penculiknya di Lebanon.

1994 - Rosario Ames, istri mata-mata yang diakui Aldrich Ames, dijatuhi hukuman 63 bulan penjara karena bekerja sama dengannya.

2004- Prajurit paling senior yang dituduh dalam skandal penyalahgunaan penjara Abu Ghraib di Irak, Staf Sersan. Ivan "Chip" Frederick, dijatuhi hukuman delapan tahun penjara. Dia dibebaskan bersyarat pada tahun 2007.

2010 - Myanmar mengganti bendera nasionalnya.

2011 - Presiden AS Barack Obama mengumumkan Amerika Serikat akan menarik semua pasukan dari Irak pada akhir tahun dan terlibat dalam "hubungan normal" dengan negara tersebut. "Setelah hampir sembilan tahun," kata Obama, "perang Amerika di Irak akan berakhir."

2012 - Paus Benediktus XVI mengkanonisasi Kateri Tekakwitha sebagai penduduk asli Amerika pertama yang menjadi orang suci.

2018 - Aktor Julia Louis-Dreyfus menerima Mark Twain Prize untuk American Humor, mengatakan kepada hadirin pada upacara itu bahwa tertawa terbukti menjadi "obat terbaik" selama pertempurannya melawan kanker payudara baru-baru ini.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya