Kapal Tanker Iran Hilang di Dekat Suriah

Sabtu, 07/09/2019 12:50 WIB

Damaskus, Jurnas.com - Kapal tanker minyak Iran, Adrian Darya 1, tampak menghilang menurut foto satelit Maxar Technologies Inc di Suriah. Maxar merupakan sebuah perusahaan teknologi luar angkasa AS.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu (7/9), dalam gambar yang disediakan oleh Maxar, kapal tanker Adrian Darya 1 atau Grace 1 sangat dekat dengan Pelabuhan Tartus, Suriah pada 6 September.

Kapal itu disebut telah mematikan transpondernya di Mediterania barat Suriah, pada Selasa lalu. Sedangkan sinyal terakhirnya berada di posisi antara Siprus dan Suriah, di saat kapal berlayar ke arah utara pada 15:53 GMT.

Seperti diketahui, Grace 1 sebelumnya ditahan oleh pasukan komando Angkatan Laut Britania di lepas Gibraltar pada 4 Juli, karena diduga dalam perjalanan ke Suriah dan dianggap melanggar sanksi Uni Eropa.

Dua minggu kemudian, Iran sebagai pembalasan menangkap sebuah kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz yang mengarah ke Teluk.

Gibraltar melepaskan kapal Iran pada 15 Agustus, setelah menerima jaminan tertulis resmi dari Teheran, bahwa kapal tidak akan menurunkan 2,1 juta barel minyak di Suriah.

Namun, dikatakan bahwa kapal itu kemungkinan akan mencoba melakukan transfer antar kapal dengan kapal lain untuk sebagian muatannya, setelah Iran mengatakan penjualan telah selesai.

Washington sebelumnya juga telah memperingatkan negara mana pun agar tidak membantu kapal itu, yang dinilai mendukung Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, organisasi yang dilabeli teroris oleh Amerika Serikat.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya