Penguin Indonesia Dorong Peningkatan Petani Muda Bali

Minggu, 28/07/2019 19:59 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Demi mendukung upaya pemerintah, Penguin Indonesia ikut berkontribusi dalam bidang pengelolaan sumber daya air para petani. Hal ini direalisasikan dalam bentuk program bertajuk “Petani Muda Bali Cinta Penguin-Farmer Camp 2019”.

Program Sistem Tetes ini berjalan sejak Mei lalu dan pada 27 Juli 2019 Penguin Indonesia melanjutkan misinya. Kali ini memberikan sejumlah 30 tangki air dengan tipe tangki bulat (TB) berukuran 2.000 liter dan 520 liter.

Andi Hermawan selaku Head of Marketing Communciations & Customer Care Penguin Indonesia mengatakan, tangki air diberikan kepada Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali (Dinas Pertanian Buleleng, Badung, Karangasem, Denpasar, Tabanan, dan Gianyar).

Kata Andi, tangki air juga diberikan kepada beberapa komoditas petani diantaranya yaitu, komoditas Strawberry Wiwanda, Sayur Mayur, Jeruk, Cabai, Jamur, Salak, Gula Pasir, Sayur Mayur Giri Toh Langkir, Vanili, Merica Tabie Bun Mupu Bati, Kopi, Pisang, serta Pembibitan Bunga dan Sayuran Amertha Nandur.
 
Tak hanya penyerahan tangki air, terdapat juga mini expo. Pada kesempatan kali ini para petani muda Bali berkesempatan untuk menjajakan hasil tani mereka. "Beragam hasil tani yang dipamerkan seperti strawberry, sayur mayur, pisang, jamur, dan lain sebagainya adalah mewakili dari masing-masing komoditas yang ikut berpartisipasi," jelas Andi.

Menurut Andi, serangkaian kegiatan ada pula diskusi, pelatihan serta workshop dalam menangani pengelolaan produk pertanian dengan berkualitas yang mengintegrasikan para pelaku petani dan pelaku usaha. Pelatihan tersebut berlangsung selama 3 hari 2 malam yang dimulai pada akhir bulan mei lalu.
 
Dengan program Sistem Tetes dari Penguin ini memiliki tujuan yang diharapkan dapat membantu permasalahan dalam sektor pertanian, diantaranya meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan petani khususnya pada masyarakat petani pemakai air, membantu dalam efisiensi dan efektivitas melalui pengelolaan sumber daya air. "Yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan serta meningkatkan pendapatan petani," tambah Andi.
 
Harapannya dengan pemberian tangki dalam program Sistem Tetes Penguin ini menjadi inventarisasi aset pengelolaan air yang dapat membantu dalam sistem kebijakan pertanian daerah. "Nanti akan terwujudnya perkumpulan petani yang bertanggung jawab dalam menjaga sistem irigrasi, serta meningkatnya sumber daya manusia dalam perkumpulan petani," ujarnya.
 

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya