AS Dikabarkan Siap Kirim Ratusan Tentara ke Arab Saudi

Jum'at, 19/07/2019 05:15 WIB

Washington, Jurnas.com - Administrasi Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan bersiap-siap mengirim ratusan tentara ke Arab Saudi di tengah memanasnya hubungan Teheran dengan Washington.

Rencana itu santer meski ada kecaman antara hubungan militer Washington dengan Riyadh atas catatan hak asasi manusia pemerintah Arab Saudi.

Dilaporkan CNN, Kamis (18/7), 500 tentara AS diperkirakan akan dikirim ke Pangkalan Udara Pangeran Sultan, yang terletak di daerah gurun di sebelah timur ibukota Saudi, Riyadh.

Disebutkan juga, sejumlah kecil pasukan dan personel pendukung sudah ada di pangkalan udara, dengan persiapan awal untuk sistem rudal Patriot buatan AS serta perbaikan landasan pacu dan lapangan udara.

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Washington diperkirakan akan menerbangkan pesawat jet F-22 generasi kelima dan pesawat tempur lainnya dari pangkalan udara itu.

Sejauh ini, baik Pentagon maupun Arab Saudi belum memberikan komentar tentang masalah ini.

Bulan lalu, Pentagon mengumumkan akan mengirim 1.000 pasukan AS ke Timur Tengah tetapi tidak menyebutkan negara mana yang akan mereka tuju. Pasukan yang pergi ke Arab Saudi dikatakan menjadi bagian dari penempatan ini.

Keputusan AS untuk meningkatkan hubungan militer dengan Arab Saudi meskipun ada protes Kongres atas catatan hak asasi manusia di Riyadh.

Pada Mei, Gedung Putih mengatakan, pihaknya membuat ketentuan darurat dalam undang-undang pengendalian senjata negara untuk memungkinkan miliaran dolar penjualan senjata ke kerajaan Saudi dan Uni Emirat Arab, sekutu utama AS di Teluk Persia.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya