Jangan Lupa Bermain untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Jum'at, 28/06/2019 20:25 WIB

Bogor, Jurnas.com - Kehadiran orang tua mendampingi anak saat bermain membuat suasana gembira yang diyakini dapat mengoptimalkan proses belajar anak sekaligus mempererat kedekatan emosional keduanya.

Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA (K), MSi menilai bermain dan bergembira memiliki peran yang sangat penting untuk mengoptimalkan potensi anak di usia balita.

Bermain adalah cara yang paling efektif untuk memperkenalkan hal-hal baru kepada anak. Khusus saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), orang tua dalam hal ini Ibu mempunyai peran yang besar untuk mengoptimalkan manfaat bermain dengan cara mendampingi dan memperagakan permainan.

Anak-anak akan bermain dan bergembira, eksplorasi hal-hal baru menjadi sangat menyenangkan dan proses belajar menjadi lebih mudah.

"Dengan cara bermain terarah dan interaktif setiap hari, akan meningkatkan daya ingat, analisis, kecerdasaan dan rasa percaya diri anak,” ucap Prof. Soedjatmiko.

Mendukung tumbuh kembang anak, fitur Teman 123 yang diluncurkan Frisian Flag Indonesia hari ini dikembangkan bersama Prof. Soedjatmiko, mengacu pada kebutuhan dan kemampuan anak-anak balita sesuai tahapan usianya.

Penelitian menunjukan bahwa kata akan lebih mudah diingat apabila ditunjukkan dan dibacakan oleh Ibu. Sebuah hal yang sederhana, namun sering diabaikan orang tua.

"Di luar rumah, praktik yang sama dapat dilakukan oleh pendidik di PAUD. Dengan cara ini pengenalan kata dapat dilakukan lebih efektif dan
dapat berlangsung setiap hari,” tambah Prof. Soedjatmiko.

Menyikapi perkembangan teknologi digital dan perannya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, Frisian Flag Indonesia bermaksud memanfaatkan seluas-luasnya tekonologi digital dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya untuk edukasi nutrisi dan gaya hidup sehat.

Director PT Frisian Flag Indonesia, Rivanda Idiyanto mengatakan seiring dengan kemajuan teknologi memasuki era digital 4.0 yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita.

"Kami mendukung penggunaan teknologi digital sebagai media edukasi alternatif cerdas yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan percaya penggunaan
teknologi digital yang bijaksana akan menghadirkan banyak manfaat," imbuhnya.

Pihaknya berkolaborasi dengan Prof. Soedjatmiko dalam memilih jenis aktivitas permainan pada aplikasi, pilihan kata yang diperkenalkan, dan tidak lupa menghadirkan rangkaian ide untuk mengapresiasi anak-anak yang telah menyelesaikan permainan.

Selain menyenangkan, fitur Teman 123 juga menstimulasi gerak motorik kasar, mengasah potensi anak, dan memupuk rasa percaya diri serta kesempatan menumbuhkan kedekatan antara orang tua dan anak.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya