Tiga Tanda Perempuan Alami Masa Subur

Sabtu, 20/04/2019 08:20 WIB

Jurnas.com - Tahukah Anda, biasanya untuk mengetahui masa subur, banyak perempuan memercayai perhitungan dengan menggunakan kalender haid. Perempuan biasanya memasuki masa subur di antara waktu ovulasi, yaitu proses dilepaskannya sel telur yang sudah matang dari ovarium ke rahim.

Masa subur perempuan biasanya ada pada hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama haid. Masa subur adalah waktu terbaik untuk mulai “membuahi” karena pasangan yang melakukan hubungan pada masa ini biasanya memiliki peluang hamil lebih tinggi.

Namun sayangnya penghitungan masa subur berdasarkan kalender haid cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, masa haid setiap biasanya berbeda setiap bulannya. Apalagi, sebagian perempuan memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Daripada menggantungkan sepenuhnya soal masa subur pada kalender haid, perempuan sebenarnya bisa melakukan hal lain untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk memulai rencana hamil.

Mengutip laman Hello Sehat, ternyata beberapa tanda yang biasanya ditunjukkan wanita yang lagi subur-suburnya.

1. Lebih Bersemangat

Masa subur wanita bisa saja ditunjukkan lewat gerak-gerik yang dilakukan. Salah satu tanda yang ditunjukkan adalah lebih bersemangat, terutama soal seksualitas.

Dorongan seks yang sangat kuat biasanya menandai masa subur wanita, hal ini terjadi karena peranan hormon libido yang meningkat.

Meningkatnya hasrat seksual wanita merupakan sinyal alami yang ditunjukkan oleh tubuh. Lewat cara ini, tubuh mengatakan bahwa ia telah siap untuk bereproduksi.

2. Wajah Memerah

Dalam penelitian dari PloS One, masa subur wanita biasanya juga ditandai dengan perubahan rona wajah. Menjelang masa ovulasi wajah wanita akan berubah  menjadi sedikit memerah. Bahkan perubahan itu bisa dilihat secara kasat mata.

Para peneliti menyebut memerahnya wajah saat memasuki masa subur berkaitan dengan adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Saat ovulasi, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon estrogen. Hal itulah yang kemudian menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga berpengaruh ke aliran tubuh.

3. Penciuman yang Tajam

Memiliki penciuman yang lebih tajam juga merupakan tanda wanita mulai memasuki masa subur. Wanita biasanya akan menjadia lebih sensitif dalam mengenali berbagai aroma, termasuk hormon feromon milik laki-laki.

Perempuan yang tengah subur-suburnya juga sering disebut “lebih centil”. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon dan dorongan seksual yang kuat. Namun pada dasarnya, hal tersebut mungkin terjadi karena perempuan menjadi lebih “menyadari” hasrat yang juga disampaikan oleh pria.

Selain lewat perubahan-perubahan tersebut, ada beberapa tanda lain yang juga bisa menjadi tanda bahwa perempuan tengah memasuki masa subur. Namun tanda-tanda ini hanya akan bisa dideteksi oleh perempuan sendiri.

Beberapa perubahan yang terjadi seperti rasa nyeri di seputar payudara. Meski bukan tanda yang umum, namun saat kamu merasakan rasa sakit pada payudara setelah masa haid, bisa jadi itu adalah tanda masa subur dimulai.

Perubahan juga terasa pada kondisi rahim yang terasa lebih terbuka dan “lunak”. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu juga akan merasakan nyeri pada Miss V saat sedang berhubungan dengan suami. Hal ini terjadi karena area kewanitaan mengalami sekresi lendir sehingga mengeluarkan lebih banyak pelumas.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya