Peristiwa Sejarah 03 April

Jum'at, 03/04/2020 20:20 WIB

Jurnas.com - Tanggal 03 April yang jatuh pada hari ke-93 (hari ke-94 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Josef Stalin menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet yang pertama pada 1922 silam.

Berikut peristiwa sejarah 03 April:

1860 - Layanan pos Pony Express dimulai, dengan pengendara meninggalkan St. Joseph, Mo, dan Sacramento pada saat yang sama.

1865 - Ketika Perang Saudara hampir berakhir, Richmond, Va., Dan Petersburg di dekatnya menyerah kepada pasukan Union.

1882 - Penjahat terkenal Amerika Serikat, Jesse James tewas ditembak temannya sendiri, Bob Ford yang mengkhianatinya untuk imbalan hadiah.

1922 - Josef Stalin menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet yang pertama.

1936 - Richard Bruno Hauptmann dieksekusi karena membunuh putra Charles A. Lindbergh yang berusia 20 bulan .

1944 - Dalam sebuah kasus di Texas, Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa melarang orang Amerika-Afrika untuk memilih melanggar Amandemen ke-15 Konstitusi AS.

1948 - Presiden AS Harry S. Truman menandatangani Rencana Marshall, yang bertujuan untuk membantu negara-negara Eropa pulih dari Perang Dunia II.

1989 - Richard M. Daley terpilih sebagai walikota Chicago , jabatan ayahnya, Richard J. Daley, telah diduduki selama 21 tahun (1955-76). Walikota Daley yang baru terpilih kembali lima kali.

1991 - Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi gencatan senjata untuk mengakhiri Perang Teluk Persia.

1995 - Pemilik dan pemain Major League Baseball menyetujui perjanjian yang mengakhiri pemogokan 232 hari yang memaksa pembatalan ratusan pertandingan dan Seri Dunia 1994.

1996 - FBI menggerebek sebuah pondok Montana dan menangkap Theodore Kaczynski, seorang mantan profesor perguruan tinggi, menuduhnya sebagai "Unabomber" yang bom posnya telah menewaskan tiga orang dan melukai 23 sejak tahun 1970-an. Kaczynski dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

1996 - Menteri Perdagangan AS Ron Brown dan 32 orang Amerika lainnya meninggal ketika pesawat mereka menabrak gunung di Kroasia.

2000 - Departemen Kehakiman memutuskan bahwa Microsoft telah menjadi monopoli dan dalam prosesnya, telah melanggar undang-undang antimonopoli AS. Empat bulan kemudian pengadilan memerintahkan bubarnya perusahaan teknologi tersebut.

2010 - Apple merilis generasi pertama iPad-nya dan dalam sebulan telah terjual lebih dari 1 juta perangkat.

2014 - Pembawa acara TV larut malam David Letterman mengumumkan bahwa ia akan pensiun pada tahun 2015.

2015 - QNB Group menjadi sponsor utama Liga Super Indonesia mulai musim 2015, mengubah nama kompetisi menjadi QNB League.

2016 - yang disebut Panama Papers, belum pernah terjadi sebelumnya kebocoran jutaan dokumen yang , mengungkapkan bahwa politisi, pemimpin dunia terkemuka, dan selebritas menyembunyikan jutaan orang di tempat penampungan pajak lepas pantai rahasia untuk menutupi undang-undang perpajakan.

2017 - Sebuah ledakan di Rusia meledak di kereta bawah tanah di St. Petersburg, Rusia, menewaskan 11 orang dan melukai beberapa lainnya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya