Bukan Liat Hantu, Ini Penyebab Tiba-tiba Merinding

Minggu, 03/02/2019 09:30 WIB

Jurnas.com - Setiap orang pasti pernah merinding secara tiba-tiba, namun penyebabnya terkadang dikaitkan dengan sesuatu yang mistis. Menurut kepercayaan sebagian orang, fenomena merinding secara tiba-tiba (apalagi jika di malam hari) disebutkan terjadi karen ada makhluk halus yang berada di sekitar.

Namun hal itu terbantahkan oleh fakta yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan oleh Hadley King, seorang dokter kulit bersertifikat di New York. Menurut King, fenomena merinding tiba-tiba itu murni karena kondisi alami fisik saat merespon suatu kondisi atau suhu.

Menurutnya, ada dua jenis "menggigil" yang menyebabkan respons fisiologis: Pertama, menggigil yang didapatkan dari rangsangan fisik (misalnya, reaksi tubuh Anda terhadap perasaan dingin) dan yang berasal dari rangsangan emosional (seperti melihat akhir yang bahagia sampai akhir cerita).

"Bagaimana kedinginan itu muncul di tubuh seseorang tergantung pada pemicu yang terjadi," kata King dilansir Huttingtonpost.

Pemicu fisik menggigil merupakan reaksi tubuh ketika terjebak dalam hembusan angin dingin. Menurut King, para ilmuwan berteori bahwa itu mungkin sisa evolusi dari nenek moyang ketika kita ditutupi dengan rambut yang lebih tebal.

"Ketika kami kedinginan, rambut-rambut akan berdiri dan menjebak lapisan udara yang dekat dengan kulit, menciptakan lapisan isolasi," lanjut King.

Fisikitas di balik kedinginan emosional sedikit kurang jelas, menurut King. Ini mungkin datang ke dopamin neurotransmitter. Stimulus emosional tertentu memicu otak, melepaskan bahan kimia, dan tubuh merespons dengan cara yang sama. Hal ini menyebabkan "paresthesia sementara" yakni kesemutan kulit AKA dan merinding. Dan beberapa pemicu emosional menciptakan respon yang lebih kuat daripada yang lain.

"Ketika kita melihat penelitian pada kedinginan, di luar respons evolusi untuk menghangatkan diri, itu adalah musik yang tampaknya memicu itu, serta pengalaman yang menyentuh dan bahkan film," kata Kevin Gilliland , seorang psikolog klinis yang berbasis di Dallas.

Pengalaman menakutkan seperti ketika akan memberikan presentasi besar atau merasa keselamatan terancam adalah jenis pemicu emosional lainnya. King mengatakan beberapa ilmuwan percaya bahwa kedinginan bisa muncul di sini berkat respon pertarungan atau pelarian. Pelepasan adrenalin dapat menyebabkan menggigil atau merinding. Ini adalah reaksi mendasar.

"Anda mungkin melihat anjing dengan bulu berdiri di punggung mereka ketika mereka ketakutan," kata Gilliland. "Ini adalah respons alami terhadap campuran bahaya, ketakutan, dan kerentanan."

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya