AS Dulang Suara Timur Tengah Tekan Iran

Rabu, 09/01/2019 10:05 WIB

Yordania - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo memulai kunjungan ke Timur Tengah mendulang suara untuk menekan Iran dan meredakan kekhawatiran sekutu atas rencana Washington untuk menarik pasukan dari Suriah.

Berbicara di ibukota Yordania, Pompeo mengatakan, AS menggandakan upaya diplomatik dan komersialnya untuk melawan pengaruh buruk Teheran di wilayah tersebut.

Pompeo menjelaskan, penarikan pasukan AS dari Suriah tidak akan merusak pertempuran melawan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL, juga dikenal sebagai kelompok ISIS).

"Ancaman paling signifikan terhadap kawasan itu adalah Daesh (ISIS, Red) dan revolusi Islam," kata Pompeo saat konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi di Amman.

Fokus utama dari tur delapan negara Pompeo adalah mempertahankan koalisi regional untuk melawan Iran, yang dicap Washington sebagai sponsor terorisme dan musuh utama sekutu AS Arab Saudi dan Israel.

Setelah Yodania, seperit dilansi Jurnas.com dari Al Jazeera,  Pompeo juga akan melakukan kunjungan  ke Mesir, Bahrain, Qatar, Arab Saudi, Oman dan Kuwait.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya