Izinkan Perempuan Haid Masuk Kuil, Pemerintah India Didemo

Rabu, 02/01/2019 20:59 WIB

Delhi - Sejumlah aksi protes digelar di negara bagian Thiruvananthapuram, India, setelah Mahkamah Agung memerintahkan pencabutan larangan perempuan haid masuk Kuil Sabarimala, pada September lalu.

Dilansir dari Reuters, polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan meriam air untuk membubarkan kerumunan besar pemrotes, di ibukota negara bagian Thiruvananthapuram.

Aksi protes juga dilakukan di beberapa kota lain di negara bagian itu, menurut laporan media setempat.

Sebelumnya, Mahkamah Agung India memerintahkan pencabutan larangan perempuan menstruasi masuk Kuil Sabarimala, yang menarik jutaan jamaah dalam setahun.

Tetapi kuil menolak untuk mematuhi peraturan tersebut, dan upaya berikutnya oleh perempuan untuk mengunjunginya telah diblokir oleh ribuan umat.

Pemerintah negara bagian Kerala yang dikuasai oleh partai-partai sayap kiri telah berusaha mengizinkan perempuan masuk ke dalam kuil, sebuah kebijakan yang menarik kritik dari kedua partai politik utama India, termasuk nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP) .

TERKINI
Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya Salma Hayek Manggung Bareng Madonna di Celebration World Tour Meksiko