Korban Tewas Polusi Udara India 1,24 Juta Jiwa

Jum'at, 07/12/2018 08:30 WIB

New Delhi -  Penelitian mengungkapkan bahwa udara beracun yang menggeber India pada 2017 merenggut 1,24 juta jiwa, atau 12,5 persen dari total kematian yang tercatat pada tahun itu.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal, Lancet Planetary Health, pada Kamis (6/12) menyebutkan lebih dari 51 persen orang yang meninggal karena polusi udara lebih muda dari 70.

Dari total, sekitar 670.000 meninggal akibat polusi udara di lingkungan yang lebih luas dan 480.000 dari polusi rumah tangga terkait dengan penggunaan bahan bakar.

"Ibukota India, New Delhi, paling terpapar partikel kecil, dikenal sebagai PM 2,5, yang dapat merembet ke paru-paru dan menyebabkan masalah kesehatan utama," kata studi tersebut, dilansir dari Al Jazeera.

"Beberapa negara bagian India utara yang lebih dekat ke New Delhi hampir sama buruknya," sambungnya.

Studi itu mengatakan harapan hidup rata-rata di India pada 2017 akan lebih tinggi 1,7 tahun jika kualitas udaranya bersih.

"Ini tidak sesuram laporan terbaru oleh University of Chicago yang mengatakan paparan polusi yang berkepanjangan mengurangi harapan hidup orang India selama lebih dari empat tahun," katanya.

Studi baru mengatakan India memiliki proporsi yang lebih tinggi dari kerugian kesehatan global akibat polusi udara dari pangsa 18,1 persen dari populasi dunia.

"Temuan menunjukkan, dampak polusi udara terhadap kematian dan harapan hidup di India mungkin lebih rendah dari perkiraan sebelumnya tetapi dampak ini masih cukup besar," kata studi itu.

Studi yang dilakukan oleh para akademisi dan ilmuwan dari berbagai institusi di dalam dan di luar India, didanai oleh Bill & Melinda Gates Foundation, pemerintah India dan Indian Council of Medical Research.

Awal tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan India adalah rumah bagi 14 kota paling tercemar di dunia.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya