Inilah Fakta Menarik Bir Hitam yang Kompleks

Rabu, 05/12/2018 06:03 WIB

Jakarta - Bir dengan warna keemasan mungkin sudah banyak ragamnya, namun bagaimana dengan bir hitam? Jika Anda sangat menikmati aroma ataupun rasa dari coklat dan kopi, sudah tentu Anda adalah kandidat yang tepat menjadi penikmat bir hitam.

Bir gelap cenderung memiliki antioksidan tinggi di antara jenis bir lain sehingga membantu memperbaiki kerusakan sel secara alami dalam tubuh.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture juga telah menemukan bahwa bir hitam memiliki kandungan besi yang lebih tinggi daripada bir ringan. 

Besi merupakan mineral esensial yang penting untuk tubuh dan mempunyai peran yang banyak, termasuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh kita.

Manfaat di atas dikatakan oleh Founder Beergembira Indra Isa, meski bir hitam masih distigma sebagai minuman khusus pria, hal itu baginya termasuk mitos sebab semuanya bisa menikmati bir hitam.

"Aku waktu nyoba pertama kali sensasi macam-macam, karamel dapatnya dapat. Aku bilang bir hitam sebagai kompleksitas yang menyenangkan," ujar Indra yang ditemui usai peluncuran Panther Black di Jakarta, Selasa (4/12).

Bir hitam, menurut Indra termasuk varian yang lumayan populer di Jerman, keunikan hitam dan kecoklatan warna merah ruby ditambah esensial dengan empat varian malt jadi makin kompleks rasanya. Bisa jadi satu pilihan lain.

Komposisi gandum pada bir akan mempengaruhi warna bir yang Anda nikmati. Selanjutnya warna-warna tambahan dan rasa manis ragi akan didapat setelah gandum mengalami proses pemanggangan. Skala yang digunakan untuk memanggang dimulai dari light-medium hingga -darker-heaviest.

Sementara itu, Brewmaster, Bali Hai Brewery Indonesia Daniel To mengatakan jika di Indonesia, bir hitam biasanya diracik dengan menggunakan dua atau tiga malt saja, tetapi Daniel memutuskan untuk mendobrak kebiasaan hingga pada akhirnya empat jenis malt.

"Proses peracikan menantang kami untuk menemukan racikan malt yang cukup rumit namun tetap cocok di lidah para konsumen Indonesia,” ujar Daniel.

Panther Black adalah bir hitam berjenis Munich Dunkel Lager dengan kandungan alkohol 4.9 persen ABV (Alcohol by volume) yang kaya akan aroma dan cita rasa, namun paling menonjol adalah aroma cokelat dan nuts dibarengi dengan sedikit cita rasa karamel, cokelat, dan toast.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya