Peristiwa Sejarah 03 Desember

Senin, 03/12/2018 20:10 WIB

Jakarta - Tanggal 03 Desember yang jatuh pada hari ke-337 (atau ke-338 dalam tahun kabisat) pada kalender Gregorian dengan 28 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya dibuatnya Playstasio pertama kalinya di Jepang pada 1994, yang dimainkan hingga hari ini di seluruh dunia.

Selain itu, banyak peristiwa sejarah yang terjadi pada 03 Desember antara lain sebagai berikut:

1818 - Illinois diakui sebagai negara bagian 21 di Amerika Serikat.

1833 - Oberlin College di Ohio, perguruan tinggi pertama yang benar-benar coeducational di Amerika Serikat, dibuka dengan pendaftaran 29 pria dan 15 wanita.

1929 - Ford Motor Co. menaikkan gaji karyawannya dari $ 6 menjadi $ 7 per hari meskipun pasar saham AS ambruk.

1945 - Pertempuran memperebutkan Gedung V & W (Verkeer & Waterstaat, sekarang Gedung Sate) di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, antara pasukan pejuang kemerdekaan Indonesia, yang merupakan pegawai Djawatan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, melawan pasukan Sekutu (Inggris dan Belanda).

1967 - Tim dokter yang dipimpin oleh Christiaan Barnard di Cape Town, Afrika Selatan berhasil melakukan operasi transplantasi jantung manusia yang pertama di dunia.

1984 - Tragedi Bhopal: Terlepaskannya gas metil isosianat dari sebuah pabrik pestisida di Bhopal, India menewaskan sedikitnya 18.000 korban jiwa.

1989 - George H. W. Bush dan Mikhail Gorbachev bertemu di Malta dan secara bersama mengatakan bahwa Perang Dingin bisa selesai dalam masa dekat tetapi belum tentu selesai. Di koran-koran di Amerika Serikat dan Uni Soviet, kata-kata kedua pemimpin dunia ini dibesar-besarkan seolah-olah Perang Dingin sudah selesai.

1992 - Dewan Keamanan PBB memutuskan dengan suara bulat untuk mengesahkan pengiriman pasukan multinasional pimpinan AS ke Somalia.

1994 - PlayStation diluncurkan untuk pertama kalinya di Jepang.

1997 - Delegasi dari 131 negara bertemu di Kanada untuk menandatangani Konvensi tentang Larangan, Penggunaan, Penimbunan, Produksi, dan Pengalihan Ranjau Anti-Personnel.

2006 - Hugo Chavez, seorang pengkritik keras Presiden AS George W. Bush dan kebijakan luar negeri AS, terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden Venezuela.

2007 - Acara musik Inbox mulai ditayangkan di SCTV.

TERKINI
Hoaks! Indonesia Jadi Negara Terkorup No 1 di Dunia usai Orang Ini Korupsi Rp3000 Triliun Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis