Astronot AS Temukan Planet Baru

Kamis, 04/10/2018 21:31 WIB

Jakarta - Para astronom Amerika menemukan objek baru yang sangat jauh di luar Pluto dengan orbit yang mendukung keberadaan Planet X yang lebih luas, Super Bumi atau lebih besar.

Dilansir Xinhua, temuan-temuan yang diumumkan oleh Pusat Planet Minor Astronomi Internasional ini sedang mendefinisikan ulang batas Tata Surya.

Objek yang baru ditemukan, disebut 2015 TG387, menjalankan sekitar 80 unit astronomi (AU) dari Matahari, pengukuran yang didefinisikan sebagai jarak antara Bumi dan Matahari.

Pluto sekitar 34 AU, jadi objeknya sekitar dua setengah kali lebih jauh dari Matahari daripada Pluto sekarang.

Benda baru itu berada di orbit yang sangat panjang dan tidak pernah mendekati Matahari, sebuah titik yang disebut perihelion, dari sekitar 65 AU, menurut penelitian tersebut.

Meskipun 2015 TG387 memiliki perihelion ketiga yang paling jauh, sumbu semi-mayor orbitalnya lebih besar dari VP113 dan Sedna tahun 2012, yang berarti perjalanan jauh lebih jauh dari Matahari daripada yang mereka lakukan. Pada titik terjauh, mencapai semua jalan keluar ke sekitar 2.300 AU.

2015 TG387 adalah salah satu dari beberapa objek yang dikenal yang tidak pernah cukup dekat dengan planet raksasa Tata Surya, seperti Neptunus dan Jupiter, untuk memiliki interaksi gravitasi yang signifikan dengan mereka.

"Benda-benda yang disebut Inner Oort Cloud seperti 2015 TG387, 2012 VP113, dan Sedna terisolasi dari sebagian besar massa yang dikenal Tata Surya, yang membuat mereka sangat menarik," kata Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science. "Mereka dapat digunakan sebagai probe untuk memahami apa yang terjadi di ujung Tata Surya kita."

David Tholen dengan University of Hawaii mengatakan: "Saat ini kami hanya akan mendeteksi 2015 TG387 ketika mendekati pendekatan terdekat ke Matahari. Untuk sekitar 99 persen dari orbitnya yang 40.000 tahun, itu akan terlalu redup untuk dilihat."

Objek itu ditemukan sebagai bagian dari perburuan tim yang sedang berlangsung untuk planet-planet kerdil yang tidak diketahui dan Planet X.

Simulasi komputer menunjukkan bahwa tidak hanya orbit tahun 2015 TG387 stabil untuk usia Tata Surya, tetapi sebenarnya tergembala oleh gravitasi Planet X, yang membuat TG387 2015 lebih kecil menjauh dari planet besar. 2015 TG387 kemungkinan di ujung kecil menjadi planet katai karena memiliki diameter dekat 300 kilometer.

Penggembalaan gravitasi ini dapat menjelaskan mengapa benda-benda paling jauh di Tata Surya kita memiliki orbit yang sama dan orbit ini membuat mereka tidak pernah mendekati planet yang diusulkan terlalu dekat, yang mirip dengan bagaimana Pluto tidak pernah terlalu dekat dengan Neptunus meskipun orbitnya bersilangan, menurut penelitian.

"Apa yang membuat hasil ini benar-benar menarik adalah bahwa Planet X tampaknya mempengaruhi 2015 TG387 dengan cara yang sama seperti semua objek Tata Surya yang sangat jauh. Simulasi ini tidak membuktikan bahwa ada planet besar lain di Tata Surya kita, tetapi mereka adalah bukti lebih lanjut bahwa sesuatu yang besar bisa ada di luar sana "kata Chad Trujillo dengan Northern Arizona University.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024