Sistem Tanam Ganda Dongkrak Hasil Panen Bawang Daun dan Tomat

Rabu, 30/05/2018 13:30 WIB

Tegal - Panen perdana PT Karunia Alam Segar dan PT Prakarsa Alam Segar yang oleh kelompok tani Berkah Tani kurang 50 orang dihadiri Manajemen PT Wings dan Kepala Dinas Pertanian KP Kabupaten Tegal dengan jajaran dilaksanakan di Desa Tuwel Tegal kaki Gunung Slamet, Rabu (30/5).

Varietas yang ditanam adalah sangga sembalun system multilple cropping (tanam ganda) seluas 0.25 ha umur 105 hari mengawali panen kerjasama PT Wings dengan kelompok tani pertanaman seluas 67 hektare. Hasilnya, kurang lebih 12 ton bawang daun dan tomat basah per hektare dihasilkan.

Salah satu penggiat bawang putih Tegal Ahmad Maufur didmpingi H Khamdan sesepuh masyarakat Tuwel dan H Hakim menyampaikan rasa syukur karena panen saat ini bagus dimusim yang masih ada hujan ini.

"Alhamdulillah panen saat ini sangat istimewa. Meski masih ada hujan, namun hasil panennya bagus," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Khofifah didampingi Manajemen PT Wings Stevanus Nathanail dari Surabaya yang melaksanakan panen simbolis berharap petani terus bersemangat dan berharap panen seterusnya juga bagus terus.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga berpesan kepada kelompok tani yang sudah menjadi percontohan nasional dalam hal penerapan Geotagging dan Registrasi lahan terus dilaksanakan sosialiasanya kepada masyarakat lainnya.

"Sosialisasi penerapan Geotagging dan Registrasi lahan harus terus dilakukan dan menjangkau masyarakat lainnya karena sangat memudahkan pemantauan dan pengendalian pertanaman," tandasnya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya