Dokter Kecil Award Dorong Anak Sekolah Berkontribusi pada Lingkungan

Rabu, 18/04/2018 02:08 WIB

Jakarta – Merayakan satu dekade penyelenggaraan Dokter Kecil Award, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Reckitt Benckiser (RB) Indonesia menyelenggarakan reuni para pemenang penghargaan bergengsi di dunia pendidikan kesehatan ini pada 17-20 April 2018 di Camp Huu Cai, Ciawi Bogor. Tema Satu Dekade Dokter Kecil Award ini mengusung tema ‘Baktiku Bagi Anak Indonesia - Berkarya Nyata, Sehatkan Bangsa’.

Dokter Kecil Award merupakan kegiatan tahunan PB IDI sebagai salah satu bentuk kepedulian IDI terhadap seluruh dokter kecil di Indonesia dengan tujuan untuk mendorong anak-anak usia sekolah dasar dari Sabang sampai Merauke agar terus membuat perubahan positif dan berkontribusi terhadap lingkungannya, dengan giat menggalakkan kampanye kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan rumah, sekolah dan teman sebayanya.

Ketua Umum PB IDI, Prof. Dr. dr. Ilham Oetama Marsis, Sp.OG(K) mengatakan program ini bertujuan untuk menggairahkan program dokter kecil di sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah di seluruh sekolah dasar di Indonesia. Dengan adanya dokter kecil di sekolah, diharapkan tumbuh pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat bagi anak-anak usia sekolah dasar melalui role model yang dekat dengan mereka, yaitu teman sebaya.

"Saya berharap program ini dapat terus konsisten hadir di setiap tahunnya, dan terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas peserta. Sehingga tujuan kampanye kesehatan yang dicita-citakan mampu terlaksana dengan baik dan tepat sasaran," kata dr. Ilham saat menyampaikan sambutannya di Jakarta, Selasa (17/4).

Ketua Pengarah Satu Dekade Dokter Kecil Award 2016, dr Ulul Albab, SpOG, memgatakan selama 10 tahun, program ini konsisten menginspirasi dokter kecil Indonesia untuk terus berbuat bagi bangsa dan negara melalui perannya sebagai dokter kecil di sekolah. "Peran yang mungkin terlihat kecil, namun berdampak sangat nyata bagi kesehatan generasi penerus bangsa," katanya.

Arijit Sengupta selaku Head of Marketing Reckitt Benckiser (RB) Indonesia mengatakan, program Dokter Kecil Award ini mengajarkan kepada kita bahwa perilaku hidup bersih dan sehat dapat dimulai sejak usia dini. "Siswa sekolah dasar pun dapat berperan sebagai agen perubahan untuk menularkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing," ungkapnya.

Para alumni Dokter Kecil Award ini juga akan dibekali ulang berbagai keterampilan mulai dari psikologi, penulisan, hingga media sosial yang disampaikan oleh para pakarnya agar mereka dapat menjadi role model yang menginisiasi, memotivasi bahkan mengkatalisator terbentuknya pola hidup sehat.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya