Trump Ancam Naikkan Tarif hingga $100 Miliar

Jum'at, 06/04/2018 09:42 WIB

Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menginstruksikan para pejabatnya, untuk mempertimbangkan kenaikan tarif yang sebesar $100 miliar untuk China.

Kenaikan ini semakin menambah jumlah tarif AS untuk ratusan produk yang diimpor dari Negeri Tirai Bambu, yang rencana awalnya sebesar $50 miliar.

Dilansir dari BBC, usulan kenaikan tersebut merupakan respon atas ancaman China yang juga ingin menetapkan tarif untuk 106 produk AS yang masuk di China.

"Mengingat pembalasan China yang tidak adil, saya telah menginstruksikan USTR (Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat) untuk mempertimbangkan apakah $100 miliar tarif tambahan akan sesuai dengan Pasal 301 Undang-Undang Perdagangan WTO," kata Trump, Kamis (5/4) atau Jumat 6/4) waktu setempat.

Selain itu Trump menyatakan sudah menginstruksikan para pejabat pertanian, supaya menerapkan rencana untuk melindungi petani AS dan kepentingan pertanian.

"Dari pada memperbaiki kesalahannya, China telah memilih merugikan petani dan produsen kami. Tidak adil," ujar Trump.

Pekan lalu, Washington menetapkan tarif 25 persen untuk 1.300 produk China. Kebijakan itu menyusul pengumuman awal tahun ini, di mana AS akan mengenakan pajak impor untuk aluminium dan baja.

Gedung Putih menilai tarif itu balasan AS terhadap praktik kekayaan intelektual China yang tidak adil, seperti menekan perusahaan-perusahaan AS untuk berbagi teknologi dengan perusahaan China.

China merespon cepat. 106 produk utama AS yang masuk di China akan diberlakukan tarif khusus. Antara lain kedelai, suku cadang pesawat, dan jeruk.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya