Hadapi Upaya Adu Domba, Zulkifli Hasan Deklarasi Gerakan `Kami Indonesia`

Selasa, 13/02/2018 15:40 WIB

Bandung - Ketua MPR Zulkifli Hasan bergerak cepat menghadapi maraknya upaya adu domba antar umat beragama. Bersama Mahasiswa dan elemen masyarakat di Jawa Barat, Zulhasan mendeklarasikan gerakan `Kami Indonesia`.

Deklarasi dilaksanakan di Aula Ahmad Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Selasa (13/2).

Hadir dalam deklarasi tersebut Mantan Ketua KPK Abraham Samad, Anggota DPD Jawa Barat Oni Suwarman, Anggota DPD Asri Anas, Wakil Rektor UPI, Solehuddin, Komedian sekaligus pegiat budaya Deddy Miing Gumilar dan ratusan mahasiswa UPI dan kampus lain di Bandung

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan, pengucapan ikrar`Kami Indonesia` Indonesia sebagai respons terhadap kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini terhadap tokoh agama baik para ustadz, pastor dan yang lainnya.

Di Jawa Barat terjadi penyerangan terhadap KH Emron Umar Basry (pengasuh Ponpes Al Hidayah Cicalengka) dan Ustadz Prawoto (tokoh Persis), kekerasan di Gereja Lidwina di Yogyakarta dan tempat lainnya

Menurut Zulhasan, penyerangan terhadap tokoh agama adalah upaya untuk mengadu domba antar umat beragama. Meski demikian, ia meyakini bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang umatnya tidak mudah terpancing untuk diadu domba.

"Kami meyakini bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan tidak akan terpancing. Olah karena itu saya bersama semuanya menyampaikan ikrar deklarasi Kami Indonesia ini," kata Zulhasan

Anggota DPD Asri Anas menyebutkan, pengucapan ikrar deklarasi `Kami Indonesia` merupakan ide dari Ketua MPR. "Ide mengucapkan ikrar deklarasi `Kami Indonesia` ini langsung dari Ketua MPR. Ini komitmen bersama untuk gerakan yang ingin adu domba umat beragama," ujarnya.

Menurut Zulhasan, gerakan Kami Indonesia akan terus diperluas ke seluruh Indonesia untuk merajut kembali merah putih yang hampir koyak

"Setelah Jawa Barat nanti akan menyusul di Jakarta, Surabaya, Makassar, Ambon dan seluruh provinsi di Indonesia. Lawan adu domba dengan gerakan persatuan," tegasnya.

Berikut teks ikrar deklarasi Kami Indonesia

KAMI INDONESIA. Kami generasi yang siap membumikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila adalah mata air nilai dari semua gerak dan langkah kami. Kami adalah pewaris sekaligus perawat nilai Pancasila dalam semua aktivitas kami sebagai generasi muda.

KAMI INDONESIA. Kami generasi yang akan selalu berada di garis terdepan mereka yang mencintai tanah air Indonesia. Kecintaan pada bangsa adalah harga mati. Kami akan selalu merapatkan barisan untuk melawan segala ancaman atas keutuhan bangsa.

KAMI INDONESIA. Kami generasi yang berbeda suku, tetapi akan selalu bersatu dalam ikatan kebangsaan yang kuat. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah identitas kami. Biarpun suku bangsa kami berbeda, kami diikat oleh rasa cinta pada satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Keyword : Warta MPR

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya