Nggak Mau Stres? Mulailah Bersepeda

Rabu, 27/12/2017 08:17 WIB

Jakarta - Hobi bersepeda memiliki manfaat ganda. Di samping sehat dan bugar, bersepeda juga bisa mengurangi stres.

Managing Director dari pusat spesialis diabetes Dr Mohan, RM Anjana dan fisioterapis dari klinik AktivHealth, Deepali Badoni, menjelaskan bersepeda meningkatkan produksi bahan kimia seperti serotonin, dopamin dan phenylethylamine di otak. Bahan kimia ini membuat Anda merasa bahagia dan menjaga dari depresi.

Selain itu, kegiatan bersepeda juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat yang berujung berkurangnya risiko penyakit jantung.

Kemudian, bagi mereka yang menderita sakit lutut atau sendi sebaiknya memilih sepeda statis.

Mengutip laman Indian Express, para penyandang diabetes sebenarnya tak masalah bila ingin bersepeda. Hanya saja, harus memerhatikan beberapa hal, salah satunya tetap terhidrasi selama bersepeda.

Mereka yang menyandang diabetes tipe 1 perlu membawa makanan ringan mengandung karbohidrat jika ingin bersepeda lebih dari satu jam.

Penyandang diabetes perlu memeriksa kadar gula darah mereka sebelum, selama, dan setelah berolahraga menggunakan meteran glukosa darah (CGM).

Keyword : Stres Bersepeda

TERKINI
Sweater `Buluk`Kim Kardashian Dianggap tak Matching dengan Gaun Glamor Met Gala 2024 Protes Perang Israel di Gaza, Bendera Palestina Berkibar di Kampus-kampus Spanyol Sibuk Bantu Banjir di Brasil, Gisele Bundchen Absen di Met Gala 2024 Victoria Beckham Rancang Gaun Renda Phoebe Dynevor di Met Gala 2024