Peluncuran Rudal Korut Langgar Resolusi PBB

Sabtu, 02/12/2017 10:03 WIB

Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari amat menyayangkan dan mengecam keras peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM) terbaru Hwasong-15 oleh Korea Utara (Korut), baru-baru ini.

Menurutnya, sangat jelas tindakan itu melanggar resolusi PBB, kedaulatan negara lain, dan menggangu perdamaian di kawasan.

“Kita dapati sedikit ketenangan selama dua bulan, dimana Korut tidak melakukan uji coba rudal. Namun dengan uji coba yang kesekian kali ini, Korut sedang bermain api yang dapat membakar ketenangan kawasan dan perdamaian,” tegas Kharis dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Rabu (29/11).

Menurut legislator Fraksi PKS itu, dengan adanya perlombaan senjata pemusnah di kawasan Korea ini, maka sangat berpengaruh terhadap keamanan kawasan khususnya kawasan ASEAN dan sekitarnya yang dapat mengancam perdamaian seluruh dunia.

“Berbagai resolusi dan kecaman silih berganti namun tak kunjung reda. Indonesia mempunyai peran yang strategis untuk ikut meredakan situasi yang berkembang agar wilayah itu menjadi zona damai melalui upaya-upaya diplomatic,” saran Kharis.

Berbagai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya resolusi 2270 (tahun 2016), 2321 (tahun 2016), 2356 (tahun 2017), dan 2371 (tahun 2017), telah dikeluarkan dan tidak ada satupun yang dipatuhi oleh Korea Utara.

“Pemerintah Indonesia bisa melakukan berbagai tekanan, misalkan memanggil Dubes Korut di Jakarta untuk meminta penjelasan dan menyampaikan kecaman kita. Kita tidak ingin ada permusuhan, ketegangan dan kita ingin kedamaian di kawasan,” imbuh Kharis.

Kharis juga mendukung penuh langkah yang sudah dilakukan Kementerian Luar Negeri dan mendukung setiap upaya pemerintah Indonesia di PBB untuk terus mencari dan menjaga agar perdamaian di kawasan terjaga.

“Menteri Luar Negeri telah melakukan langkah yang terukur, namun perlu tambah tekanan lagi ke Korut agar sahabat kita lainnya dikawasan seperti Jepang dan Korea Selatan juga di hormati kedaulatannya,” pesan politisi asal dapil Jawa Tengah itu.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya