Jepang Luncurkan Satelit GPS Berpresisi Tinggi

Selasa, 10/10/2017 16:26 WIB

Tokyo – Jepang baru saja meluncurkan sebuah satelit GPS (global positioning system) berpresisi tinggi, Selasa (10/10). Satelit keempat tersebut akan digunakan untuk memetakan ekonomi Jepang, serta memicu tumbuhnya ekonomi baru.

Dikutip dari Reuters, satelit yang diberi nama Michibiki ini terbang dari pelabuhan ruang angkasa Tanegashima di Jepang Selatan, dengan bantuan sebuah roket H-2A, yang membutuhkan waktu 28 menit untuk mencapai orbitnya.

Dengan terbangnya Satelit Michibiki, kini Jepang memiliki empat satelit yang bergerak melewati Jepang dan Australia, dengan membentuk orbit angka delapan.

“Kemungkinan (sinyal) terputus itu kecil, sebab Jepang juga sudah menempatkan para insinyur yang disiapkan untuk mengoperasikan satelit pada April lalu,” kata Japan Aerospace Exploration Agency.

Kelebihan GPS Jepang ialah dapat menemukan perangkat dalam jarak beberapa sentimeter. Ini tentu berbeda dari satelit AS yang hanya bisa menjangkau dari jarak sepuluh meter.

Rencananya, pada 2023 nanti, Jepang akan memiliki total tujuh buah satelit GPS yang mengorbit.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya