PKB Sebut Pemerintah Persulit Nelayan

Sabtu, 13/05/2017 12:59 WIB

Jakarta - Kebijakan pemerintah terhadap perizinan kapal dinilai justru menimbulkan beban baru bagi para nelayan. Dimana, pemerintah dianggap justru mempersulit dan memiskinkan para nelayan.

Menurut informasi dari beberapa nelayan, surat izin operasi kapal nelayan yang sebelumnya bisa diurus dalam waktu tiga minggu, sekarang bisa mencapai sembilan bulan bahkan lebih.

"Proses perizinan kapal nelayan sangat memakan waktu bahkan biaya, itu yang bikin nelayan geram," kata Anggota Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh, usai berdiskusi dengan nelayan, di pelabuhan Muncar Banyuwangi, Sabtu (13/5).

Kata Nihayatul, begitu surat terbit maka diharuskan membayar pajak satu tahun, meski izin hanya tinggal dua bulan. Karena, 10 bulan waktu pengurusan di mana kapal tidak beroperasi dianggap sudah jalan.

"Saya meminta kepada pemerintah agar mengevaluasi kembali implementasi kebijakan tersebut, pemerintah harus memotong birokrasi yang rumit dan memakan waktu sehingga nelayan tidak menunggu waktu lama untuk mencari makan," tegasnya.

Selain itu, tim advokasi DPP PKB itu juga menemukan banyaknya keluhan nelayan terkait pengurusan asuransi nelayan yang juga sangat birokratis dan tidak efektif.

"Jika pemerintah mempunyai itikad baik bagi nelayan, saatnya pemerintah pro-aktif dan jemput bola, datang langsung ke tempat-tempat nelayan, pangkas birokrasi dan jika perlu urus di tempat untuk pembuatan kartu nelayan dan kartu asuransi atau BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Dari banyaknya keluhan disampaikan para nelayan, kata Nihayah, PKB berkomitmen untuk terus membela kepentingan-kepentingan nelayan.

"Saat ini saat yang tepat mengevaluasi kinerja pemerintah termasuk dalam pembuatan dan implementasi peraturan-peraturan pemerintah, PKB tidak bersikap reaksioner, PKB mengkritik berdasarkan temuan lapangan setelah peraturan diterapkan", tegas Nihayah.

"Sebaik apapun peraturan kalau tidak dibarengi dengan sensitifitas kemanusiaan, maka ia akan sia-sia", demikian Nihayah menyampaikan kekecewaannya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya