Madrasah di Jateng Memprihatinkan, Marwan Jafar Minta RUU Madrasah Disahkan

Jum'at, 12/05/2017 21:49 WIB

Pati - Pondok Pesantren memiliki kontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan. secara historis, pesantren memiliki pengalaman yang luar biasa dalam membina dan mengembangkan masyarakat. Bahkan, pesantren mampu meningkatkan perannya secara mandiri dengan menggali potensi yang dimiliki masyarakat di sekelilingnya.

"Namun, hingga saat ini Pesantren masih jauh dari perhatian pemerintah, padahal sebagai lembaga pendidika yang memiliki nilai historis dalam membina dan mengembangkan masyarakat, kualitasnya harus terus didorong dan dikembangkan," ungkap Ketua LPP DPP PKB, Marwan Jafar, di Pondok Pesantren Al-Kholiqiyah, Pati, Jawa Tengah, Jumat (12/05/2017).

Menurut Marwan, proses pengembangan dunia pesantren harus mendapat dukungan yang serius dari pemerintah, mengingat peran serta pesantren yang sangat strategis dalam proses membangun masyarakat, daerah, bangsa, dan negara. Terlebih, dalam kondisi yang tengah mengalami krisis moral. Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang membentuk dan mengembangkan nilai-nilai moral.

"Apalagi, dalam perkembangannya saat ini pesantren tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendidikan keagamaan, tetapi banyak juga pesantren yang berfungsi sebagai sarana pendidikan nonformal, sepertinya pembinaan skill dan keterampilan," ujarnya.

Marwan menjelaskan, berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Tengah 2016. Sebanyak 40 persen kondisi Madrasah swasta di Jateng dalam kondisi memprihatinkan.

"Ini menjadi salah satu bukti bahwa perhatian pemerintah terhadap pesantren masih belum maksimal," tukasnya, di depan Kiai dan Pengurus NU di Pesantren asuhan KH Abdul Kholik itu.

Oleh karenanya, Marwan meminta DPR dan pemerintah untuk segera membahas dan memberlakukan RUU tentang Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren yang sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

"Kami (PKB) sudah menginisiasi bahkan mendorong agar RUU tersebut masuk dalam Prolegnas, sekarang tinggal bagaimana pada wakil-wakil kita (DPR) dari Fraksi PKB untuk mendesak agar RUU tentang pesantren tersebut segera diketok palu," desak Marwan.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya