Khawatirkan Poros Moskow-Pyongyang, Kyiv Selidiki Puing-puing Rudal Korea Utara di Ukraina

Kamis, 09/05/2024 08:38 WIB

KYIV - Jaksa penuntut negara Ukraina mengatakan mereka telah memeriksa puing-puing dari 21 dari sekitar 50 rudal balistik Korea Utara yang diluncurkan oleh Rusia antara akhir Desember dan akhir Februari, ketika mereka berupaya menilai ancaman dari kerja sama Moskow dengan Pyongyang.

Dalam rincian penyelidikan yang dilakukan terhadap rudal-rudal tersebut yang sebelumnya tidak dilaporkan, kantor jaksa penuntut utama Ukraina, Andriy Kostin, juga mengatakan kepada Reuters bahwa tingkat kegagalan persenjataan Korea Utara tampaknya tinggi.

“Sekitar setengah dari rudal Korea Utara kehilangan lintasan yang telah diprogram dan meledak di udara; dalam kasus seperti itu, puing-puingnya tidak dapat ditemukan,” kata kantor Kostin dalam jawaban tertulis atas pertanyaan Reuters.

Rudal Korea Utara merupakan bagian kecil dari serangan Rusia selama perang melawan Ukraina, namun dugaan penggunaannya telah menimbulkan kekhawatiran mulai dari Seoul hingga Washington karena hal ini mungkin menandai berakhirnya konsensus hampir dua dekade di antara anggota tetap Dewan Keamanan PBB mengenai hal ini. mencegah Pyongyang memperluas program rudal nuklir dan balistiknya.

Selain memberikan kesempatan kepada Korea Utara untuk menguji coba rudal, Rusia telah mengambil langkah-langkah yang akan mempersulit PBB untuk memantau sanksi yang dijatuhkan terhadap Pyongyang pada tahun 2006.

Bulan lalu, Moskow memveto pembaruan tahunan pemantau sanksi PBB – yang dikenal sebagai panel ahli – yang selama 15 tahun telah memantau penegakan sanksi PBB terhadap Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), nama resmi Korea Utara.

Tiongkok, salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan bersama Rusia, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis, abstain dalam pemungutan suara tersebut.

Beberapa hari sebelum mandatnya berakhir, panel tersebut menyerahkan laporan yang mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa, sebuah pelanggaran terhadap sanksi PBB, sebuah rudal balistik buatan Korea Utara yang dikenal sebagai Hwasong-11 telah menghantam kota Kharkiv di Ukraina.

Hal ini, dan veto Moskow, menggarisbawahi bagaimana Rusia dan Korea Utara telah mengintensifkan hubungan bilateral mereka lebih dari sekedar perjanjian barter dan transaksional, kata Edward Howell, pakar Korea Utara di Universitas Oxford.

“Ada warisan abadi yang sedang dibentuk saat ini, yaitu fakta bahwa Korea Utara, karena mendapat jaminan dukungan Rusia, benar-benar mampu melemahkan lembaga-lembaga internasional utama seperti Dewan Keamanan PBB,” katanya.

Kepresidenan Rusia merujuk pertanyaan mengenai rudal Korea Utara ke Kementerian Pertahanan Rusia, yang tidak menanggapi pertanyaan email dari Reuters. Misi Korea Utara untuk PBB di Jenewa juga tidak memberikan tanggapan.

Meskipun ada kemunduran di PBB, Kostin mengatakan kantornya akan terus melanjutkan penyelidikan.

Kantor kejaksaan mengatakan ketika puing-puing tidak dapat dikumpulkan di lokasi tumbukan, rudal Hwasong-11, yang juga disebut KN-23 di Barat, diidentifikasi dengan melihat lintasan penerbangan, kecepatan, dan lokasi peluncurannya.

Penggunaan KN-23 terakhir yang tercatat terjadi pada 27 Februari, kata kantor kejaksaan, seraya menambahkan bahwa jumlah total peluncuran yang telah diidentifikasi sesuai dengan data intelijen yang menunjukkan Korea Utara mengirimkan sekitar 50 rudal balistik ke Rusia.

Menurut Amerika Serikat, Rusia menerima rudal balistik dan artileri dari Korea Utara setelah pemimpin negara itu, Kim Jong Un, bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan puncak yang jarang terjadi pada September lalu.

Dari 21 kasus tersebut, puing-puing berhasil dikumpulkan, termasuk tiga kasus yang ditembakkan ke ibu kota Ukraina, Kyiv dan wilayah sekitarnya, kata kantor Kostin. Serangan lainnya menyerang wilayah Kharkiv, Poltava, Donetsk dan Kirovohrad.

Serangan tersebut, yang dimulai pada 30 Desember 2023, menewaskan 24 orang, melukai 115 orang dan merusak sejumlah bangunan tempat tinggal dan fasilitas industri, katanya.

Sekitar 50 rudal diluncurkan dari berbagai lokasi termasuk di wilayah barat Rusia di Belgorod, Voronezh dan Kursk, tambahnya.

Pernyataan Ukraina tidak menyebutkan apakah ada rudal yang ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara. Rudal balistik biasanya sulit dicegat karena lintasan dan kecepatannya.

Menurut kantor Kostin, pihak berwenang Ukraina masih menyelidiki apakah Pyongyang telah mengirimkan instruktur untuk memantau peluncuran rudal balistik.

TERKINI
KKP: Hilirisasi Ikan Kaleng Butuh Sinergi Antar Stakeholder Erling Haaland Kembali jadi Top Skor Liga Inggris KPK Sita Rumah Mewah Terkait Pencucian Uang SYL Ngeri! Tawuran Bawa Senjata Tajam Belasan Pelajar di Tangsel Diamankan