Hakim Ingatkan Trump soal Ancaman Penjara karena Langgar Perintah Pembungkaman

Rabu, 08/05/2024 04:04 WIB

NEW YORK - Hakim dalam persidangan pidana Donald Trump mendendanya sebesar $1.000 dan menahannya di pengadilan untuk yang ke-10 kalinya pada hari Senin karena melanggar perintah pembungkaman. Hakim juga memperingatkan bahwa pelanggaran lebih lanjut dapat menjebloskan mantan presiden ke penjara.

Hakim Juan Merchan mengatakan denda sembilan $1.000 yang dijatuhkan sebelumnya tampaknya tidak menghalangi pengusaha kaya itu untuk melanggar perintah tersebut, yang melarang dia berbicara secara terbuka tentang juri dan saksi dalam persidangan pidana pertama mantan presiden AS.

“Saya tidak ingin menjatuhkan sanksi penjara dan telah melakukan segala yang saya bisa untuk menghindari hal tersebut. Tapi saya akan melakukannya jika perlu,” kata Merchan di awal sidang hari ke-12 sebelum juri masuk.

Pemenjaraan akan menjadi langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam persidangan bersejarah tersebut, yang berasal dari pembayaran uang tutup mulut yang diberikan kepada bintang porno Stormy Daniels pada minggu-minggu terakhir pemilu tahun 2016.

Setelah keputusan Merchan, para juri mendengarkan kesaksian dari mantan karyawan Trump yang dapat mendukung kasus jaksa bahwa Trump memalsukan catatan bisnis untuk menutupi pembayaran uang tutup mulut.

Trump mengaku tidak bersalah dan menyangkal melakukan kesalahan.

Saat menjatuhkan denda, Merchan mengatakan dia menganggap hukuman penjara “benar-benar pilihan terakhir” karena akan mengganggu persidangan, menimbulkan tantangan keamanan yang luar biasa dan mempersulit pemilihan presiden tahun 2024, di mana Trump dari Partai Republik berupaya memenangkan kembali Gedung Putih dari Partai Demokrat, Presiden Joe Biden.

Namun hakim mengatakan pelanggaran Trump yang “berkelanjutan dan disengaja” terhadap perintah pembungkaman tersebut merupakan “serangan langsung terhadap supremasi hukum.”

Merchan menjatuhkan denda ke-10 sebesar $1.000 pada hari Senin untuk wawancara siaran tanggal 22 April di mana mantan presiden tersebut mengatakan: "Juri tersebut dipilih dengan sangat cepat - 95% dari Partai Demokrat. Sebagian besar wilayah tersebut semuanya dari Partai Demokrat."

Merchan menemukan bahwa pernyataan lain yang ditandai oleh jaksa yang menyebutkan saksi Michael Cohen dan David Pecker tidak melanggar perintah pembungkaman.

Perintah tersebut mencegah Trump membuat pernyataan tentang juri, saksi dan keluarga hakim dan jaksa jika dimaksudkan untuk mencampuri kasus tersebut. Pelanggaran dapat dihukum dengan denda hingga $1.000 atau hukuman penjara hingga 30 hari.

Pekan lalu Merchan mendenda Trump sebesar $9.000 untuk sembilan unggahan di media sosial yang menurutnya melanggar perintah pembungkaman.

Trump sering mengeluh bahwa perintah pembungkaman membatasi kemampuannya untuk menyampaikan pendapatnya kepada para pemilih dalam upayanya kembali ke Gedung Putih.

“Dia merampas hak konstitusional saya untuk berbicara,” kata Trump kepada wartawan di luar ruang sidang, sebelum hakim menjatuhkan denda kepadanya.

CATATAN PEMBAYARAN DITAMPILKAN
Jaksa pada hari Senin kemudian menunjukkan kepada juri catatan bisnis yang mendokumentasikan pembayaran sebesar $420.000 dari Trump kepada Cohen, mantan petugas pemecah masalah dan pengacara pribadinya.

Pembayaran tersebut terdaftar sebagai biaya hukum, namun jaksa penuntut mengatakan bahwa pembayaran tersebut sebenarnya dimaksudkan untuk mengganti biaya Cohen yang telah membayar $130.000 kepada Daniels untuk merahasiakan hubungan seksual yang dia alami dengan Trump pada tahun 2006.

Trump membantah pernah berhubungan seks dengan Daniels.
Jaksa mengatakan $420.000 yang dibayarkan oleh Trump dimaksudkan untuk menutupi $130.000 yang dibayarkan Cohen kepada Daniels, bersama dengan $50.000 untuk biaya lain yang dikeluarkannya. Trump menggandakan jumlah tersebut untuk memperhitungkan pajak dan juga memasukkan bonus akhir tahun sebesar $60.000, kata mereka.

Seorang mantan pengendali di organisasi Trump, Jeffrey McConney, bersaksi bahwa dia tidak mengetahui adanya contoh lain di mana Trump Organization memberikan penggantian kepada seseorang dengan begitu besarnya.

McConney mengatakan dia tidak pernah berbicara dengan Trump mengenai pembayaran tersebut, namun diberitahu oleh pejabat tinggi keuangan perusahaan Allen Weisselberg bahwa itu adalah penggantian biaya.

Mantan karyawan Trump lainnya, Deborah Tarasoff, memandu juri melalui 34 faktur, entri buku besar, dan cek yang berasal dari pembayaran kepada Cohen, yang dilakukan setiap bulan setelah Trump memenangkan pemilu. Masing-masing mewakili satu dari 34 dakwaan dalam dakwaan terhadap Trump.

Sebagian besar cek ditandatangani oleh Trump secara pribadi, dan jaksa penuntut menyoroti tanda tangannya yang tinggi dan melingkar dengan tinta tebal untuk juri.

Jaksa mengatakan pembayaran kepada Daniels merusak pemilu tahun 2016 dengan menyembunyikan berita tersebut dari para pemilih, pada saat perlakuan Trump terhadap perempuan menjadi isu sentral dalam kampanyenya melawan kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton.

Mereka mengatakan perubahan catatan bisnis tersebut menutupi pelanggaran undang-undang pemilu dan undang-undang perpajakan yang meningkatkan 34 dakwaan yang dihadapi Trump dari pelanggaran ringan menjadi kejahatan besar. dapat dihukum hingga empat tahun penjara.

Jika terbukti bersalah, Trump bisa menghadapi hukuman hingga empat tahun penjara, meskipun terdakwa biasanya menghadapi denda dan masa percobaan.

Para pemain utama dalam kasus ini belum memberikan kesaksian, termasuk Cohen dan Daniels, yang bernama asli Stephanie Clifford.

Kasus ini menampilkan tuduhan-tuduhan kotor mengenai perzinahan dan pembayaran rahasia, namun secara luas dipandang tidak terlalu penting dibandingkan tiga tuntutan pidana lainnya yang dihadapi Trump. Ini adalah satu-satunya kasus yang pasti akan diadili sebelum pemilihan presiden pada 5 November.

Kasus-kasus lain menuduhnya mencoba membalikkan kekalahannya dalam pemilu presiden tahun 2020 dan salah menangani dokumen rahasia setelah meninggalkan jabatannya. Trump telah mengaku tidak bersalah atas ketiganya.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria` Rapper 50 Cent Hujat Sean Diddy Combs yang Memukuli Cassie Ventura di Hotel