Wapres-Mendes Dorong Perusahaan Negara dan Swasta Tingkatkan Keterlibatan BUMdes

Selasa, 07/05/2024 17:32 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pembangunan desa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah untuk mewujudkan perekonomian yang seimbang, adil, dan berkembang. Sebab, Desa sebagai lingkup pemerintahan terkecil, memegang peran penggerak pembangunan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin dalam Penganugerahan CSR & PDB Awards 2024: Kontribusi Dunia Usaha dan Lembaga Lainnya dalam Percepatan Pembangunan Desa, yang digelar di Jakarta pada Selasa (7/5/24).

“Saya meminta agar perusahaan negara dan swasta yang beroperasi di desa-desa, untuk dapat menyertakan BUMDes dan BUMDes Bersama (BUMDesma) dalam aktivitas bisnisnya, agar ekonomi desa melaju lebih cepat,” kata Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, salah satu cara untuk memastikan dana CSR (Corporate Social Responsibility) tepat guna dan tepat sasaran adalah melalui inovasi-inovasi yang dapat menciptakan lapangan kerja sehingga memperluas kesempatan masyarakat untuk berkarya dan berdaya.

“Mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja yang berkesinambungan,” ujar Wapres.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, BUMdes merupakan elemen penting yang berperan mendukung pembangunan nasional.

Dengan adanya dukungan dari Masyarakat, swasta, LSM, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, maka akan menguatkan perekonomian lokal.

"Bumdesa sejak awal menjadi entitas badan hukum publik sehingga paling cocok mengelola barang, jasa, dan keuangan publik bagi kemaslahatan badan desa," kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Gus Halim pun mengapresiasi perusahan negara dan swasta yang terus berkomitmen dalam mendukung serta turut membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan.

Penghargaan tersebut terimplementasi dalam CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024 yang diikuti 100 kandidat perusahaan, lembaga lain, dan perorangan.

"Terdapat 55 program CSR yang meraih kategori gold, 6 kategori excellent untuk perorangan, 58 silver untuk kategori program."

"Empat outstanding untuk kategori perorangan. Ada pula tiga kategori bronze, dan tiga kategori apresiasi untuk program CSR," kata dia.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria` Rapper 50 Cent Hujat Sean Diddy Combs yang Memukuli Cassie Ventura di Hotel