BKSAP DPR Sampaikan Urgensi Diplomasi Parlemen di Kuliah Umum Magang Merdeka

Senin, 06/05/2024 16:26 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyampaikan kuliah umum bertema `Diplomasi Parlemen DPR RI Dalam Konteks: Resolusi Konflik Global` di hadapan 350 mahasiswa program Magang Kampus Merdeka. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI ini, ia menerangkan peran diplomasi parlemen untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Fadli menegaskan diplomasi parlemen bernilai krusial. Sebab, upaya ini mampu menjembatani konflik negara-negara lain yang tidak bisa ditempuh melalui jalur resmi protokol diplomasi pemerintah.

"Indonesia sebagai negara besar harus punya `confident` dalam pergaulan mancanegara. Kami sebagai perwakilan parlemen dari Indonesia bersikap untuk mewujudkan perdamaian dunia. Ini sesuai arahan UUD. Diplomasi parlemen harus aktif untuk menghapus penjajahan di dunia ini," tutur Fadli Zon saat mengutarakan gagasannya dalam Kuliah Umum Magang Merdeka di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Terkait dengan isu internasional terkini, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini menegaskan bahwa Parlemen Indonesia sepakat untuk menghapuskan penjajahan Israel terhadap Palestina. Sikap ini, sebutnya, kerap disuarakan oleh BKSAP DPR RI di berbagai forum internasional.

Konsistensi dari sikap ini membuat dirinya dinobatkan menjadi Wakil Presiden Liga Al Quds untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, ia terpilih memegang jabatan yang serupa pada Konferensi tahun 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia dan tahun 2021 di Ankara, Turki.

Kepercayaan ini, baginya, membuktikan bahwa Parlemen Indonesia telah menjadi harapan global. Tidak hanya itu saja, hal ini turut menunjukkan komitmen Indonesia untuk menyelesaikan isu-isu di dunia, termasuk konflik Palestina dan Israel.

Menutup pernyataannya, Fadli Zon mengingatkan setiap generasi muda bangsa harus tetap percaya diri dengan segala potensi yang dimiliki oleh negara. Diplomasi, tegasnya, bisa diperankan oleh siapapun tanpa memandang status serta kelompok ekonomi dan status sosial.

"Indonesia itu bisa jadi Macan Asia dengan potensi besar yang melekat. Kalian (Mahasiswa Magang Merdeka) harus percaya diri karena kalian suatu saat akan mewakili Indonesia. Jadi, manfaatkan momen magang ini untuk mengumpulkan pengetahuan, kompetensi, wawasan, dan pengalaman," tandas Anggota Komisi I DPR RI ini.

Sebagai informasi, BKSAP DPR RI merupakan salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI yang berperan untuk menjalankan diplomasi parlemen. BKSAP DPR RI memiliki 3 (tiga) cakupan bidang kerja.

Di antaranya, diplomasi parlemen bidang bilateral, diplomasi parlemen bidang regional, dan diplomasi bidang internasional. Setiap dari bidang ini berupaya untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR dan parlemen negara lain demi kepentingan bangsa berdasarkan UUD 1945.

TERKINI
Satu Lagi Pimpinan KKB Petrus Pekei Ditangkap Digagas Posan Tobing, Konser Anak Ni Raja Lestarikan Budaya Batak Lewat Musik Orang Paling Berkuasa di Inggris Raya, Raja Charles Cuma Punya Harta Rp12,2 Triliun! Ketika Link and Match Berbuah Cuan bagi Siswa SMK