Rusia Gunakan Hampir 70 Bom Udara, Ukraina Hanya Bisa Mengusir dengan Jatuhkan 13 Drone

Senin, 06/05/2024 05:05 WIB

KYIV - Serangan Rusia terhadap wilayah Kharkiv dan Dnipro di Ukraina dan kota pelabuhan Laut Hitam Odesa menewaskan sedikitnya dua warga sipil, membakar pabrik makanan dan merusak infrastruktur, rumah, dan bangunan komersial lainnya pada hari Sabtu, kata pejabat regional.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan Rusia telah menggunakan delapan rudal dari berbagai jenis dan hampir 70 bom udara berpemandu terhadap komunitas dan posisi garis depan pada siang hari, setelah angkatan udara Ukraina menjatuhkan 13 drone Shahed yang menargetkan wilayah Kharkiv dan Dnipro semalam.

Zelenskiy mengatakan Moskow tidak menginginkan perdamaian. “Rusia hanya bisa dipaksa untuk meninggalkan Ukraina,” katanya dalam pidato video malamnya. KTT perdamaian dunia yang diadakan di Swiss pada bulan Juni – tanpa Rusia – “harus berhasil”, katanya.

Dia mengatakan brigade mekanik ke-110 Ukraina menembak jatuh sebuah pesawat pembom tempur Su-25 Rusia di wilayah timur Donetsk, satu dari empat wilayah di Ukraina yang menurut Moskow telah dianeksasi.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada hari Jumat bahwa Moskow telah menguasai 547 km persegi (211 mil persegi) wilayah tersebut tahun ini.

Oleh Syniehubov, gubernur wilayah Kharkiv, mengatakan penembakan Rusia menewaskan seorang pria berusia 49 tahun di jalan dekat rumahnya di desa Slobozhanske. Seorang wanita berusia 82 tahun tewas dan dua pria terluka dalam penembakan semalam di kota Kharkiv, tulisnya di aplikasi Telegram.

Serangan rudal Rusia membakar sebuah tempat usaha di kawasan industri kota Kharkiv, melukai enam karyawan, tambahnya. Jaksa setempat mengidentifikasinya sebagai pabrik makanan.

Di wilayah selatan, Gubernur Odesa Oleh Kiper mengatakan tiga orang terluka di kota itu akibat serangan rudal.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan korban jiwa dan kerusakan.

Seorang komandan angkatan udara mengatakan pertahanan udara berhasil menjatuhkan 13 drone yang menyerang dalam semalam, namun Syniehubov mengatakan puing-puing yang berjatuhan melukai empat orang dan memicu kebakaran di sebuah gedung perkantoran.

Di kawasan industri Dnipropetrovsk, penembakan melukai seorang wanita berusia 57 tahun dan merusak infrastruktur di Nikopol, dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia, dan dua orang terluka dalam serangan lain semalam, kata gubernur regional Serhiy Lysak.

TERKINI
Orang Paling Berkuasa di Inggris Raya, Raja Charles Cuma Punya Harta Rp12,2 Triliun! Inilah Tampilan Pertama Gambar Superman Karya James Gunn Ben Affleck dan Jennifer Lopez Mencari Rumah di Tempat Berbeda Brazil jadi Tuan Rumah Piala Dunia Putri 2027